Sering Kebanjiran, Walikota Cek Gorong-gorong di Lubeg

N3, Padang ~ Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo terus merespon setiap keluhan warganya. Kali ini, orang nomor satu di Kota Padang itu turun ke Kecamatan Lubuak Bagaluang (Lubeg).

Walikota Padang melakukan inspeksi medadak ke daerah tersebut. Mahyeldi mencek langsung tali bandar serta kondisi gorong-gorong di Penggambiran dan Batuang Taba.

Ini dilakukan Walikota setelah mendapat laporan atas keluhan warga yang selalu terendam banjir bila hujan tiba. Ditambah lagi kondisi jalan Bypass yang semakin tinggi dari pemukiman penduduk karena tengah dilakukannya pengerjaan dua jalur.

Bersama Camat Lubuak Bagaluang Ances Kurniawan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Fatriarman, Kepala Bagian Humas dan Protokol Mursalim, termasuk lurah di kedua tempat, Walikota berjalan kaki keluar masuk gang sempit. Walikota menelusuri setiap tali bandar yang berada di pemukiman warga Penggambiran dan Batuang Taba.

"Satinggi apo aia kalau banjir? (setinggi apa air kalau banjir?)," tanya Walikota kepada seorang warga.

"Kalau di siko katiko banjir masuak ka rumah. Aia satinggi lutuik, Pak (kalau di sini ketika banjir masuk ke rumah. Air setinggi lutut, Pak)," jawab ibu yang sedang menyuapi anaknya itu.

Saat turun ke kawasan Lubeg itu memang cukup banyak permasalahan yang ditemui. Walikota mendapati kondisi bandar dan gorong-gorong yang menyempit karena harus tergusur akibat dibangunnya rumah dan gang. Kondisi bandar yang tidak begitu dalam dan tidak lancarnya air akibat tersumbat juga menjadi perhatian Walikota.

"Daerah ini dulunya areal pertanian dan persawahan. Kini banyak bangunan dan menjadi pemukiman warga, otomatis bila terjadi hujan, air tidak terserap. Ditambah lagi terjadinya penyempitan gorong-gorong," kata Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengakui bahwa penyebab terjadinya banjir di kawasan Lubeg selain penyempitan dan tidak lancarnya air di gorong-gorong, kondisi perumahan warga yang berada cukup rendah dari badan jalan juga menjadi penyebab banjir.

Agar banjir di kawasan ini teratasi, Walikota menyebut bahwa pihaknya akan segera bersinergi dengan pelaksana proyek pekerjaan Bypass. Sehingga nantinya gorong-gorong dapat menampung air bila hujan tiba dan warga tidak kebanjiran.

"Ini akan kita sinergikan bagaimana ketika pengerjaan Bypass, kita juga memperbaiki yang lain seperti gorong-gorong dan lainnya. Jangan hanya memanfaatkan bandar yang lama. Tetapi juga membangun yang baru. Camat agar segera mensinergikan dengan pelaksana proyek sehingga warga tidak lagi kebanjiran," pungkas Walikota. Charlie
Previous Post Next Post