M Tauhid: Pungli JTO Rahasia Umum

Nusantaranews ~  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Barat, M Tauhid  mengatakan, bahwa pungutan liar (Pungli) di Jembatan Timbangan Oto (JTO) sudah menjadi rahasia umum. Untuk itu, dirinya menyarankan pada pemerintah untuk menutup jembatan timbang oto.

Pasalnya, jembatan yang diperuntukkan untuk mengawasi kelebihan muatan, justru menjadi ajang pungutan liar yang dibiarkan berlangsung secara bebas. Bahkan, M Tauhid mengaku, setiap kali ditanya wartawan soal itu, dia selalu terus menyarankan agar JTO tersebut ditutup.

“Saya setiap ditanya wartawan masalah jembatan timbangan, saya selalu menyarankan agar JTO itu ditutup saja. Soalnya setiap terjadi pergantian kepala dinas perhubungan, kita selalu berharap ada perubahan, tetapi faktanya ibarat batuka jigak jo baruak se,” kata M Tauhdid politisi dari Partai Hanura ini, sebagaimana dilansir tabloidbijak.com, Sabtu 23 Agustus 2014.

Menurut M Tauhid, dirinya telah berkali-kali mengingat kepala dinas perhubungan agar meningkatkan pengawasan di setiap jembatan timbangan oto.  Soalnya, untuk apa gunanya jembatan timbangan kalau truk melebihi tonase dibiarkan merusak jalan yang dibangun dengan dana yang sangat besar. “Jujur saya tak melihat ada untungnya membuka jembatan timbangan oto,” tegas politisi yang vocal ini.

Kini, kata M Tauhid, keberadaan jembatan timbangan oto itu sama saja dengan membiarkan perbuatan oknum JTO melakukan pungli dan memeras para sopir truk. “Masalah pungli di JTO tu lah sadunia orang tahu dan tampaknyo oknum di JTO tu lah putus urek malunyo,” tambahnya. by
Previous Post Next Post