Lanjutan 7 Cara Praktis Optimalisasi Laptop

Memasang Anti Virus yang selalu Update.

Saya sarankan agar anda selalu memasang Anti Virus yang selalu Update. Apalagi jika anda seorang pengguna Internet, maka sangat wajib Anti Virus terinstall pada Laptop anda. Lakukan Scan rutin pada Laptop minimal satu minggu sekali, karena menurut saya Virus dapat menyebabkan kinerja sebuah Laptop menjadi lambat. Bahkan beberapa virus sengaja memenuhi kinerja memory anda sehingga mempengaruhi performa Laptop.

Menggunakan High Performance pada Power Plan.

Umumnya secara Default, power plan yang digunakan adalah Balance (seimbang antara pemakaian energy dan performa). Namun bagi anda yang ingin meningkatkan performa windows jauh lebih baik dalam hal kinerja, disarankan menggunakan opsi High Performance. Tentunya saya sarankan untuk menyambungkan charger, pada saat menggunakan opsi tersebut pada laptop anda.

Manajemen file dalam Hard Drive.

Banyak yang mengira kalau Manajemen file dalam sebuah Hard Drive tidaklah begitu penting. Hampir semua user pada umumnya tidak memperhatikan kerapian susunan file di dalam laptop. Mereka cenderung membiarkan file yang berserakan pada Hard Drive laptop. Padahal, pada dasarnya setiap perintah yang kita jalankan atau ketikkan dalam membuka sebuah file yang ada pada setiap folder di dalam Hard Drive, berpengaruh terhadap penggunaan sebagian kapasitas memory. Semakin banyak lokasi file yang kita akses, semakin banyak pula memakan memory pada laptop. Inilah yang disebut dengan Process Windows Eksplorer. Maka dari itu, mengapa tidak mulai mencoba merapikan setiap file atau folder yang ada didalam Hard Drive anda, kalau itu bisa membantu anda dalam meminimal penggunaan memory pada laptop.

Upgrade RAM laptop.

RAM, dalam kombinasinya dengan processor laptop, berfungsi menentukan seberapa cepat performa sebuah laptop dalam bekerja. Tidak mudah dalam meng-upgrade processor sebuah laptop, tapi RAM justru sebaliknya. Lepaskan panel akses pada bagian belakang laptop untuk menemukan posisi RAM yang terpasang. Ganti RAM tersebut dengan RAM yang memiliki kekuatan atau kapasitas lebih tinggi.


Penulis : Weno Tri Laksono
Previous Post Next Post