Kabid PU Austin Amerika Kunjungi Pemko Padang

Nusantaranews ~ Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus mewujudkan upaya kerja sama baik secara nasional dan internasional. Seperti kali ini, Kepala Bidang (Kabid) Pekerjaan Umum (PU) dari Pemerintah Kota Austin, Texas Amerika Serikat, Ny Yuejiao Liu yang tengah melakukan kunjungannya ke Pusat Pemko Padang di Balaikota Aie Pacah pada Kamis (28/8). Dalam kunjungan tersebut yaitu dalam rangka  kunjungan balasan terhadap Pemko Padang serta ingin melihat secara langsung seputar kegiatan Pemko Padang yang tentunya menjadi bahan studi banding baginya.

Pada kesempatan itu, Yuejiao Liu disambut Asisten I Wedistar, Kabag Pemerintahan Desmon Danus yang kemudian mengarahkannya ke Ruangan Bagian Humas dan Protokol sesuai permintaan Liu. Setibanya di ruangan, Kabid PU Austin ini dengan dibantu Antoni Tsaputra Staf Dinsosnaker Kota Padang menerjemahkan apa yang disampaikannya.menyampaikan. Beberapa hal disampaikan Yuejiao Liu kali ini seperti mengutarakan alasannya mengunjungi Pemko Padang seperti dalam hal ini ke Bagian Humas dan Protokol. Di samping ingin mengetahui kondisi masyarakat di Kota Padang, ia pun menyampaikan rasa keingin tahuannya terhadap berbagai rutinitas kerja Walikota bersama Wakil Walikota, para pimpinan SKPD dan seluruh ASN.

“Dalam kesempatan ini, saya sengaja mengunjungi Bagian Humas dan Protokol di Pemko Padang yang kalau di Austin bagian ini adalah suatu Dinas Informasi Publik. Namun untuk tugas pokok dan sistem bekerjanya sama yaitu  bekerja 24 jam. Karena dinas ini dengan berbagai bidangnya memiliki peran penting terhadap kemajuan pembangunan suatu daerah. Yang selalu memberikan informasi dan komunikasi baik di pemerintahan dan juga bagi masyarakat,” jelas Ny Yuejiao Liu.

Liu melanjutkan, perihal Bagian Humas dan Protokol di sini, kalau di Austin termasuk ke dalam Dinas Informasi Publik . Dinas ini begitu maju saat ini karena menjadi pusat informasi, komunikasi yang terus mensosialisasikan seputar perkembangan suatu daerah kepada masyarakat. Di samping itu, kerja sama dengan berbagai jenis media juga dilakukan selain memiliki media cetak, TV humas dan radio humas sendiri.
“Jadi dengan adanya media sendiri, masyarakat dari golongan manapun berhak mengajukan berbagai jenis permintaan informasi ke humas tentang apa saja.
 
 Misalnya kondisi keuangan daerah bulan ini, berapa pajak yang masuk, kemana saja alokasi anggaran untuk masing-masing  dinas bisa disediakan kepada masyaraka. Untuk itu, atas keterbukaan informasi yang transparansi dan countibility di Austin menurut saya sangat efektif apabila diterapkan di Kota Padang ini. Karena itu, jadi seluruh lapisan masyarakat bisa menentukan jalannya pemerintahan ke arah yang baik,” ujarnya.

Ketika ditanyakan apa saja isi program TV dan radio Humas yang bernama ETSN Liu pun menyebutkan yaitu TV ini menyiarkan kegiatan walikota, rapat staf dan berbagai apa saja kegiatan SKPD.  Dengan adanya media ini humas lebih berdaya karena punya sumber daya sendiri serta masyarakat terbantu dengan bisa melihat kegiatan secara jelas langsung.

Setelah itu, Asisten I Wedistar mengatakan perihal  kedatangan Kabid PU Austin ini. Kedatangannya dengan difaslititasi Asosiasi Pemeintah Kota Se Indonesia (Apeksi) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Austin di Texas Amerika. Kunjungan ini sifatnya bertujuan untuk menjajaki sebuah peluang kerja sama dengan prinsip semacam dukungan ekonomi bagi Indonesia dalam hal ini khsususnya Kota Padang.

“Jadi, atas kunjungan ini setidaknya kita berharap adanya kerja sama bagi Pemko Padang apalagi mengahdapi Asean Terbuka pada 2015 mendatang. Atas penyampaian Ny Yuejiao Liu tadi tentu kita berharap agar Kota Padang bisa menyamai perkembangan Kota Austin. Seperti Bidang Industri, pariwisata di sana yang terus tumbuh dan berkembang. Selain itu,Pemko Padang tentu berupaya agar bukan hanya produk luar yang datang ke Indonesia tetapi produk kita juga bisa keluar dan bermanfaat bagi negara lainnya,” tutup Wedistar. (Humas)
Previous Post Next Post