7 Cara Praktis Optimalisasi Lap Top

Setiap tahun, laptop yang dikeluarkan berbagai produsen memiliki spesifikasi yang beragam dan menarik. Laptop pun menjadi salah satu alat komputasi yang memiliki keunggulan dibanding computer. Karna laptop memiliki ukuran yang bisa dibawa kemana-mana. Tapi, karena masalah keterbatasan, sebagian besar laptop terkadang tidak dilengkapi dengan bagian-bagian yang justru dapat mengoptimalkan kecepatan laptop itu sendiri. Hasilnya, laptop kerap tidak memiliki daya komputasi yang maksimal ketika digunakan. Berikut cara-cara mengoptimalkan kinerja laptop:

Menonaktifkan Startup yang tidak dibutuhkan.

Program-program komputer yang jarang digunakan sering kali tetap aktif dan mengurangi performa laptop. Non aktifkan segera program-program tersebut dengan mengetik “msconfig” pada kotak pencarian yang terdapat pada bagian Start Menu. Di bawah tab “Start Up” hapus tanda centang pada program-program yang menurut anda jarang digunakan.

Menghapus program-program aplikasi yang jarang digunakan.

Pada bagian Start Menu, klik “Control Panel” dan pilih “Add/Remove Programs.” Disana akan terlihat memori virtual yang menggunakan ruang kosong pada Hard Drive untuk mensimulasikan RAM saat komputer anda kehabisan memori. Kurangi jumlah penggunaan pada ruang Hard Drive sehingga laptop Anda bisa digunakan lebih optimal.

Menggunakan Disk Defragmenter.

Defragmenter digunakan untuk menemukan atau menyusun kembali bagian-bagian pada Hard Drive yang rusak atau terpisah, sehingga laptop akan bekerja lebih optimal ketika digunakan.

Menjalankan Disk Cleanup

Disk Cleanup Adalah Aplikasi System Tools pada Windows yang Berguna Untuk Membersihkan file-file Yang sudah tidak berguna lagi, seperti cookies, temporary files, web history dan lain sebagainya. Ini dilakukan agar dapat mengoptimalkan kembali penggunaan memory pada Hard Drive.


Klik Selanjutnya :
Previous Post Next Post