Tim Ramadhan Sumbar di Masjid Sumpur Batipuh

nusantaranews.net ~ Tim Safari Ramadhan Gubernur Irwan Prayitno melakukan kunjungan ke masjid Besar Sumpur, Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan, Kamis malam (17/7).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi, Kadis Pertanian, Ir. DjoniN Kadis Perikanan Ir. Yosmeri, Kadis Sosial Abdul Gafar, SE! MM, Kadis Pemuda Olahraga, Priadi Syukur, SH, Kabiro Umum, Kabiro Binsos, Kabiro Humas diwakili Kabag Penerangan, beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Tanah Datar.

Gubernur dalam kesempatan tersebut menyampaikan kita memberikan apresiasi masyarakat Sumpur menjaga lingkungan, sehingga ikan larangan dapat tumbuh dengan baik dan besar-besar. Danau singakarak, ada beberapa keramba yang merusak lingkungan, bagaimana ada kajian menjaga lingkungan. Tidak boleh pakai bom, tidak pakai putas atau bukan dengan jaring yang kecil.

Hal ini perlu agar perkembangan ikan bilih tidak cepat punah. Masyarakt perlu menyadari bahwa pembibitan dan pengembangan belum ada penelitian yang berhasil.
Gubernur juga menyampaikan pelaksanaan pembangunan sering terhambat dan terkendala karena masalah pembebasan lahan.
Jika ada pembangunan mari kita dukung bersama, karena pembangunan ini untuk masyarakat banyak kemajuan pembangunan yang berdampak pada perkembangan kesejahteraan masyarakat.

Banyak bantuan yang diberikan masyarakt tidak memanfaatkan secara maksimal, ada yang menjual sapi bantuan, ada bantuan motor tidak dimanfaatkan seseuai peruntukan ?, bantuan uang dipakai untuk konsumtif ? Padahal ini menyalahkan ketentuan yang merugikan dan masyarakat itu sendiri, karena bantuan berikutnya tidak akan ada lagi karena hasil evaluasi ?  Masyarakat miskin mendapat perhatian dalam pendidikan dan kesehatan dalam BPJS atau Jamkesda Tuah Sakato. Perubahan hidup untuk lebih baik bukan karena orang lain, gubernur sekalipun, kecuali oleh pribadinya sendiri secara sungguh-sungguh mau jadi apa. para orang tua diharapkan perhatiannya terhadap dan siswa agar mengi Pendidikan diikuti dengan baik.

Para orang tua, diharapkan memberikan perhatian kepada pertumbuhan dan perkembangan anak-anak sebagai amanah Allah, untuk menciptakan anak-anak yang taqwa. Jadikan pendidikan keluarga sebgai benteng pertama dalam menghadapi rtantangan, godaan dan pengaruh globalisasi terhadap prilaku, narkoba, perkosaan, kumpul kebo, perampokan.

Tujuan target bulan ramadhan adalah bagaimana upaya mencapai Taqwa. Orang Taqwa akan mendapatkan kekuatan, kemudahan dan berkah Allah dalam mencari, jalan keluar, solusi dan kesabaran dalam menjalankan cobaan.

Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi juga menyampaikan perhatian pemprov kepada kab tanah sangat tinggi lebih dari kabupaten lain di Sumbar.
Pemkab Tanah Datar, butuh dana proponsi dan pemerintah pusat dalam peningkatan pembangunan infrastruktur, sosial, pertania, perikanan.

Aspirasi tambahan, bulan tour de singakarak, masyarakat hanya sebagai penonton saja. Usul etape khusus untuk gaung lebih banyak mengeliling danau singkarak. Untuk meningkatkan masyaratkat. Dua kali ditempa bencana, di malalo, sagodang, jalur sungai sangat mengkawatirkan, bagaimana membantu normalisasi secepatnya jika dibiarkan dapat menjadi bencana dan menelan koban.

PLTA, bantuan CSR PLN sudah ada, mohon dukungan Pak Gubernur untuk ada pemerataan bantuan diseputar Danau Singkarak, harapnya.

Pengurus Masjid Fahmi Malik menyampaikan masjid besar sumpur ini asli swadaya dana masyarakat baik peranrau maupun masyarakat setempat. Rencana meningkatkan pembangunan untuk tempat udhuk, dan tempat pendidikan MDA. Kita juga menyambut baik pelaksanaan pembangunan jalan dan irigasi dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Sumpur.

Uztad Muchlis Bahar, Lc,MA menyampaikan ceramah, jangan sampai harta dan anak-anakmu melalaikan ibadah dan lupa kepada Allah.  Mengungat Allah dengan membayar zakat, ibadah menjalankan perintah Allah. Bulan ramadhan ada 4 catatan penting sebagai, pertama bulan syahrul ibadah, nilai ibadah sangat tinggi dikali 70 kali, bulan bonus ibadah, Allah melebihkan bulan Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya.

Kedua bulan ramadhan sebagai syahrul marfirah (bulan pengampunan dosa). Celaka orang yang mendapatkan ramadhan akan tetapi tidak dapat marfirah.
Ketiga bulan ramadhan sebagai bulan syahrul berjihat (bulan bersungguh-sungguh)
Keempat bulan ramadhan syahrul muasa, bulan menyantuni orang-orang susah
Dalam kesempatan ini Gubernur Irwan Prayitno menyerahkan bantaun uang Rp 20 juta, Al Qur'an 31 buah dan Al Qur'an terjemahan 20 buah.

Pemkab Tanah Datar dibantu TPA dibantu Rp 5 juta  dan ada titipan Hamba Allah Rp. 1 juta untuk anak yatim disekita Masjid Besar Sumpur.Zardi
Previous Post Next Post