Sumbar Adopsi Layanan Sistem Elektronik Surabaya

nusantaranews.net ~ Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengadopsi sejumlah sistem elektronik layanan publik yang telah diterapkan Pemerintah Kota Surabaya, untuk menyempurnakan layanan yang ada di Sumatera Barat. Usai membuka seminar “Professional Aparatur Sipil Negara Untuk Layanan Publik Berkualitas, yang digelar di Auditorium Gubernuran.
 
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, selama ini sebagian Satuan Kerja Perangkat Daerah-SKPD di Pemprov Sumatera Barat telah menggunakan sistem elektronik komputerisasi, untuk menyelesaikan tugas administrasi, keuangan ataupun layanan publik agar berjalan efektif dan efisien. 
 
Namun diakui, penerapan layanan menggunakan piranti teknologi informatika, belum sepenuhnya optimal, karena masih terdapat kekurangan perangkat pendukung, baik perangkat lunak atau software, hingga sumber daya operator. “Kita di Sumbar sudah terapkan layanan menggunakan IT. Samsat contohnya, Rumah Sakit, tapi ada sebagian yang belum, terlebih yang di Kabupaten/Kota”, ungkapnya
 
Irwan Prayitno menjelaskan, sebagai langkah menyempurnakan penerapan teknologi komputerisasi di bidang layanan publik, Pemprov Sumatera Barat telah bertandang menuju Surabaya, menyatukan kesepakatan dengan pemerintah Kota setempat, agar bisa membantu. Hasilnya, Pemko Surabaya yang lebih dulu berhasil melaksanakan layanan elektronik, bersedia memberikan copy software kepada Pemprov Sumatera Barat. “Sekitar dua minggu lalu kita sudah ke Surabaya. 
 
Disana kita melakukan MoU untuk penerapan teknologi IT pada layanan publik. Kita nanti diberi copy file dan software yang digunakan di Surabaya. Disamping itu, personil yang bertugas sebagai operator sistem IT di Pemko Surabaya juga akan membagi ilmun kepada operator di sejumlah SKPD di Pemprov Sumatera Barat”, terang Irwan.
 
Gubernur Irwan Prayitno berharap, upaya penyempurnaan penerapan teknologi komputerisasi terhadap layanan publik bisa berjalan lancar, sehingga masyarakat nantinya dapat menikmati layanan yang cepat dan transparan.Zardi
Previous Post Next Post