Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa


  1. Tetap sikat gigi seperti biasanya, utamakan sikat gigi setelah makan sahur dan lakukan dengan baik untuk meastikan tidak ada sisa makanan yan tertinggal di mulut. Anda bias melakukannya saat berpuasa.
  2. Pada saat sahur, usahakan untuk minum air setidaknya 2 sampai dengan 3 gelas. Munum banyak air dapat menghindarkan bau mulut selama berpuasa yang disebabkan oleh keringnya mulut. 
  3. Minum banyak air juga akan menjaga tubuh tetap segara dan menghindarkan dehidrasi.
  4. Berkumur terbukti membantu membersihkan mulut. Saat berwudhuk sebelum shalat, berkumurlah dengan benar. Ini untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri didalam mulut khususnya disela sela gigi. Sebagai tambahan, anda dapat menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alcohol. Alcohol tentu saja dilarang dan efeknya justru akan memperkering mulut. Pastikan anda tidak menelannya saat berkumur.
  5. Pemanfaatan Siwak (dari pohon Siwak). Sejumlah penelitian internasional membuktikan bahwa siwak sangat efektif untuk membersihkan mulut, dan tentu saja ini juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  6. Penggunaan teh hijau sangat efektif membunuh bakteri dimulut. Dan menghapus gula dari plak dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  7. Meminum air daun sirih yang diremas dan kemudian lakukan penyaringan sebanyak 1 gelas.

Previous Post Next Post