DPRD Desak Pemko Sosialisasi Antisipasi Rabies

Nusantaranews.net ~ Untuk mengantisipasi bahaya dari penyakit rabies yang bersumber pada hewan peliharaan, DPRD minta supaya pemko Padang melalui dinas terkait, secepatnya melakukan sosialisasi ketengah masyarakat agar mereka bisa mengetahui ciri-ciri dan mengantisipasi jika hewan peliharannya mengidap penyakit rabies. 
 
Karena di Kota Padang cukup banyak warga yang memelihara hewan tanpa ada penjelasan apa yang mereka lakukan untuk menjaga hewan peliharannya agar tidak terjangkit oleh penyekit rebies. Seperti diketahui, bahwa rabies ini merupakan penyakit yang bisa berakibat fatal hingga kematian, ucap Wakil ketua komisi IV DPRD Padang Muharlion hari ini.

Oleh karenanya baik melalui dinas kesehatan maupun Dispernakhutbun, diminta secepatnya turun kelapangan untuk mensosialisasi tentang bahaya penyakit rabies dan penyebab binatang peliharaannya bisa terjangkit rabies. 
 
“Jangan sampai ada warga yang menjadi korban, baru upaya pencegahan dilakukan,” ungkap Muharlion.
 
Selain itu, lanjut Muharlion, bagi warga yang memiliki peliharaan anjing terutama yang dilepaskan, pemilik  harus bisa merjamin bahwa hewan peliharannya itu tidak terkena virus rabies. Sebab jika peliharannya mengidap penyakit berbahya itu, selain mengancam orang lain, bisa juga mengancam pemiliknya sendiri. 
 
“Agar lebih aman, diharapkan pemilik tidak membiarkannya lepas,” jelasnya.
 
Begitu juga dengan Dispernakhutbun, juga harus mengawasi adanya hewan-hewan yang berkeliaran yang bisa terjangkit rabies. Bila perlu untuk melakukan pemantauan dilapangan, dilakukan kegiatan gabungan turun kelapangan untuk melakukan tindakan terhadap anjing-anjing gila tersebut. 
 
“Jika sudah dianggap membahayakan, tidak ada jalan lain, hewan itu harus dimusnahkan,” ungkapnya.
 
Kepada Dinas kesehatan juga harus terus melakukan sosialisasi pada masyarakat tentang bahaya rabies, sehingga masyarakat lebih waspada terhadap hewan peliharaannya. **
Previous Post Next Post