Peresmian Masjid Ummi Alahan Panjang

nusantaranews.net ~ Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Sekdaprov Dr. H. Ali Asmar, M.Pd, ikut meresmikan pengunaan Masjid UMMI Alahan Panjang bersama Mendagri Gamawan Fauzi, Minggu siang (30/3).

Hadir dalam kesempatan tersebut beberapa pejabat eleson I dan II Kemendagri RI, Bupati Solok, Wakil Bupati Solok, Wakil Walikota Kota Solok, tokoh masyarakat, beberapa pejabat dilingkungan pemprov. Sumbar.

Disela-sela acara Sekdaprov. Dr. Ali Asmar, M.Pd menyampaikan, pembangunan masjid Ummi ini dilatar belakangi oleh kecintaan kepada kampung halaman dan kasih sayang kepada seorang ibu. Ini merupakan sesuatu yang baik dalam memajukan pembangunan di Sumatera Barat baik dalam keagamaan maupun secara kebangga membangun kampung halaman sebagai tanggungjawab bersama setiap anak nagari.

Kesemua ini juga tidak terlepas dari prinsip pembangunansektor keagamaan dan budaya  Sumatera Barat yang berpegang pada filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ASB-SBK). Namun yang terpenting dari pembanguna  masjid ini adalah bagaimana kita bersama, masyarakat untuk selalu memanfaatkan masjid dalam kegiatan keagamaan, sehingg kita mampu memakmurkan masjid dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudah masjid Ummi ini menjadi kebanggaan kita bersama di Alahan Panjang ini dan secara umum ranah minang, harapnya.

Mendagri Gamawan Fauzi dalam sambutanya menyampaikan, ungkap terima kasih kepada donatur yang ingin masuk surga, sehingga masjid Ummi ini dapat selesai dalam satu tahun pekerjaan. Masjid Ummi ini merupakan masjid Ibu / Mama / Bunda / Mandeh / Amak, sebagai penghargaan kepada kaum ibu-ibu. Karena itu manfaatkanlah masjid ini dengan kegiatan mamakmurkannya.

Keberadaan Masjid Ummi juga diharapkan sebagai Islamik Center, dimana juga akan dibangun pendidikan Taman Kanak-Kanak. Dan di masjid ini akan diurus oleh seorang guru atau ulama sekaligus sebagai pimpinan masjid yang mampu memberikan pendidikan agama, belajar mengaji kepada masyarakat sekitarnya.

Prinsip dalam pendidikan agama dengan berwasiat dengan baikan dan kebenaran serta kesabaran untuk mendapat akhlak Al Qur'an. Saatnya kita mampu menjawab berbagai persoalan yang terjadi, bukan lagi kita membicarakannya atau mendebatkannya lagi akan tetapi berbuat membuat persoalan itu dapat diatasi dan diselesaikan, ajaknya

Pembangunan Masjid yang bernilai Rp. 3,4 Milar ini merupakan sumbangan dengan berbagai pihak yang diamanatkan kepada Gamawan Fauzi dan keluarga, semoga menjadi amalan dan ibadah yang mulia di sisi Allah SWT. Zardi
Previous Post Next Post