Gubernur Resmikan SD 15 Filial

nusantaranews.net ~ Gubernur Irwan Prayitno Resmikan Pemakaian Gedung SD 15 Filial SDN Sungai Taleh Jorong Talaok, Kenagarian Beringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, Minggu siang (23/3). Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Adminitrasi Umum Pemkab Agam, Camat Aryati, Kepala Biro Humas Irwan, S.Sos ,MM, Kepala Dinas Pertanian Ir.Djoni, Kabiro Binsos Drs. Syahril, serta beberapa tokoh masyarakat Pelembayan.

Dalam kesmepatan tersebit Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, kita patut bangga dan senang dengan semangat bersekolah yang ada di masyarakat Jorong Talok Nagari Beringin Kecamatan Palembayan. Keinginan itu terlihat dari semangat membangun gedung sekolah SD 15 Filial ini mrdah-mudah ini menjadi kemajuan bersama bagi seluruh masyarakat jorong Talaok untuk hidup lebih sejahtera lagi.

Dalam data pemerintah provinsi semangat belajar orang Agam, sudah cukup baik, walau kita menyadari masih ada beberapa daerah yang terpencil dan terisolir yang butuh perhatian pemerintah, baik pemerintah kabupaten Agam, provinsi maupun pemerintah pusat.

Kita jga berharap kepada para orang tua murid agar ikut memperhatikan anak-anaknya untuk bersekolah secara baik dan benar, karena dengan  bersekolahlah kita dapat merubah nasib kehidupan nantinya. Bapak dan ibu boleh seorang petani tebu dan ubi, akan tetapi anak-anaknya mesti mampu menjadi orang sukses baik diperkotaan maupun di daerah sendiri nantinya, harapnya.

Irwan Prayitno juga mengisahkan, bahwa banyak daerah-daerah yang telah meningkat kesejahteraan hidup masyarakatnya karena mereka telah memiliki pendidikan yang lebih baik. Sekolah Dasar hingga SLTA belum lagi cukup dalam menghadapi tantangan saat, kita mesti mendorong anak-anak kita seminimalnya Sarjana S1.

Tantangan ini juga ada pada kebutuhan berbagai lembaga usaha swasta, BUMN/BUMD serta penerimaan PNS dan lembaga lainnya. Pengetahuan anak sebatas SLTA masih perlu diasah dengan keterampilan dan pengetahuan pemanfaatan tehnolgi Informasi yang berkembang pesat saat.

Namun dari kemajuan tehnologi dan kemajuan lainnya secara finalsial, kita juga jangan mengabaikan pelajaran nilai-nilai keagamaan baik disekolah maupun di masjid, mushala di lingkungan tempat tinggal. Pendidikan agama dan prilaku juga tidak kalah pentingnya, sehingga kita mampu melahirkan generasi muda yang berkarakter, mandiri dan maju.

Pembangunan nagari suskes dan maju amat ditentukan dari kreatifitas masyarakatnya terutama dengan kemajuan dunia pendidikan di nagari tersebut, ungkapnya.

Camat Palembayan Aryati dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terima atas telah dianggarkan pembangunan jalan Padang- Koto Gadang- Palembayan sebesar Rp. 10 Miliar pada tahun 2014. Hal ini merupakan kerja keras  bersama semua pihak,  mulai dari perubahan stantus jalan kabupaten menjadi jalan provinsi sejak tahun 2011.

Namun semua itu tidak lepas dari perhatian dan kepedulian Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama anggota DPRD Sumbar yang ikut mendorong dan membantu pembangunan di Kecamatan Palembayan ini secara khusus dan secara Kabupaten Agam, katanya

Aryati dalam kesempatan itu juga menyampaikan, aspirasi masyarakat Pelembayan terhadap pengembangan SD 15 yang saat ini masih baru 3 lokal, dapat dibantu menjadi 6 lokal, sehingga SD 15 nanti dapat berdiri sendiri dalam aktifitas pendidikan di Jorong Talaok Nagari Baringin ini.

Nagari Baringin yang jumlah penduduk lebih kurang 500 orang ini amat merindukan pembangunan jalan, kantor KAN dan Postun kesehatan. Kondisi hari ini jalan produksi tani sepanjang 3 km, yang kondisi saat ini masih rusak dan susah dikelewati oleh masyarakat, apalagi ketika hujan tiba, terangnya. Zardi
Previous Post Next Post