Wagub Sumbar Buka Seminar Ilmiah Internasional

Padang, Nn ~ Keberadaan olahraga di daerah harus terus didorong dan didukung, mengingat olahraga merupakan salah satu pilar menyukseskan pembangunan. keberadaan olahraga prestasi tetap harus diperhatikan dengan memberikan dukungan berupa peneyediaan pra sarana dan sarana olahraga.Prestasi olahrara dapat menjadi salah satu tolok ukur kesuksesan pembangunan masyarakat di satu daerah.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim seusai membuka Seminar Ilmiah Internasional Keolahragaan, yang digelar Universitas Negeri Padang bersama Universitas Kebangsaan Malaysia di Padang. Hadir dalam kesempatan tersebut utusan Universitas Kebangsaan Malaysia, Rektor UNP dan  sejumlah pemateri besar, diantaranya Profesor Hemut Diegel dari Jerman, Doktor Jackie Goodway dari Ohio University, serta Profesor Joko Pekik dari Kementerian Pemuda dan Olahraga

Lebih jauh Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim mengatakan, sektor olahraga harus digali secara luas, tidak hanya sebatas mengejar prestasi karena banyak sisi dari olahraga yang bisa dikembangkan Dijelaskan, terdapat 3 bagian di olahraga yang bisa memacu pembangunan serta penyejahteraan masyarakat di daerah, yakni olahraga prestasi, olahraga kesehatan, dan olahraga untuk industri. 

Olahraga kesehatan atau kemasyarakatan saat ini harus terus didorong. Berbagai kegiatan olahraga ringan dan murah, seperti voli, senam, sepakbola, serta tenis meja harus terus dimasyarakatkan di tengah masyarakat sendiri. Diyakini, dengan berolahraga yang cukup, masyarakat akan sehat dan produktifitas kerja mereka pun meningkat.

Selain itu, olahraga harus mampu dimanfaatkan sebagai pendorong tumbuhnya kegiatan industri kecil masyarakat. Selain itu keberadaan olahraga yang sedang digandrungi oleh masyarakat, harus dibaca sebagai peluang oleh masyarakat pengusaha dengan memproduksi dan menjual kostum serta sarana olahraga lainnya. Dengan peluang dimaksud, masyarakat pun akan memperoleh pendapatan yang lebih, jelasnya. Zardi
Previous Post Next Post