Perlu Rambu Bahaya Batu Busuk

Padang, Nn ~ Guna menekan jatuhnya korban jiwa, sehubungan musibah yang dialami delapan orang Mapala Universitas Andalas Padang, Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim dengan tegas meminta agar instansi yang terkait dan masyarakat untuk memasang tanda peringatan pada lokasi rawan bencana alam, . 
"Penting tanda peringatan rawan bencana, agar masyarakat maupun komunitas waspada saat beraktivitas di kawasan tersebut," kata Muslim Kasim saat meninjau pencarian enam mahasiswa yang hanyut dialiran Batang Kuranji tempatnya di kawasan Batu Busuk Padang, Minggu. 
Wagub prihatin dan ikut berduka cita atas kejadian yang menimpa enam orang anggota Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Andalas (Unand) yang hanyut sejak Sabtu (28/9) sore. Menurutnya, adanya tanda peringatan di setiap titik rawan bencana, dapat dijadikan rambu-rambu awal akan ancaman bencana baik longsor, banjir dan air bah. 
Upaya yang dilakukan harus berkerja sama antara masyarakat, petugas penggulangan bencana maupun mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Mapala. Sebab, penguasaan atau yang lebih mengenal wilayah adalah masyarakat setempat maka harus dilibatkan, sehingga risiko yang tidak diinginkan dapat dikurangi. Wagub juga mengimbau masyarakat Sumatera Barat yang bermukim di kawasan rawan bencana agar meningkatkan kewaspadaan, karena kapan terjadi tak dapat dipastikan. 
"Beberapa bulan ke depan prediksi cuaca tergolong ekstrem, karena angin kencang dan hujan. Maka masyarakat tingkatkan ke waspadaan," ujarnya. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat lima orang mahasiswa yang sudah ditemukan dalam keadaan meninggal, meliputi Risky Tega mahasiswa Fakultas Ekonomi D-III. Deni Linardo mahasiswa Pertanian, Veglan Rizki mahasiswa Fakultas Ekonomi, Elin Florita mahasiswa Faklutas Teknologi Pertanian, dan Artika Caspela mahasiswa Fakultas Psikologi. Sedangkan seorang mahasiswa yang masih dalam pencarian tim gabungan hingga Minggu sore adalah Aidil Akbar Walsya mahasiswa Jurusan Akuntansi. Zardi
Baca Sebelumnya : Lokasi Air Bah
Previous Post Next Post