Lounching KRPL di Pariaman

Pariaman, Nn ~ Gubernur Irwan Prayitno melakukan lounching Kelompok Rumah Pangan Lestari di Kabupaten Padang Pariaman, di Nagari Cimpago Kecamatan kampung Dalam, Rabu (28/8). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Ali Mukni, Ketua Penggerak PKK, kadis Ka Badan Ketahanan Pangan Ir. Effendi Arifin, Kadis Pertanian Ir, Djoni, Kadis Sosial Abdul Gafar, SE. MM, Kabiro Humas Irwan, S.Sos, MM beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Padang Pariaman.

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan tersebut menyampaikan, tujuan program Rumah Pangan Lestari ini adalah upaya pemanfaatan lahan perkarangan rumah untuk menunjang ekonomi keluarga dalam memenuhi kebutuhan gizi rumah tangga. Selain itu program ini merupakan pemberdayaan masyarakat dalam menata ekonomi kebutuhan sehari-hari, seperti cabe, seladeri, sayur-sayuran, ikan, telur, dan daging ayam.

Yang pada dasarnya dapat dilakukan dengan pemanfaatan lahan-lahan kosong dihalaman rumah kita masing-masing. Banyak hal yang telah dapat dilakukan oleh masyarakat dibeberapa kabupaten di Sumatera Barat bertaman memakai kantong plastik dll.

Dalam program ketahan pangan ini kita juga memotivasi pengurangan beras dengan memperbanyak makanan umbi-umbian yang kadar karbohitratnya sama dengan beras. Program ini cukup baik untuk dikembangan dalam memotivasi para ibu-ibu petani dan masyarakat umum mengisi hari-hari dengan kreatifitas bertani, dll yang juga dapat secara langsung meningkatkan kesejahteraan mereka, ujarnya.

Bupati Ali Mukni dalam kesempatan itu juga menyampaikan, saat pertumbuhan ekonomi kabupaten Padang Pariaman berdasarkan angka statistik telah mencapai 6,3 persen dan perkiraan pada akhir tahun 2013 akan mencapai 7-8 persen.
Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Padang Pariaman pada tahun 2008 telah mencapai 7 persen namun akibat bencana gempa pada tahun 2009 melorot hingga 4 persen. Kini kita semakin optimis pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Padang Pariaman akan terus membaik, seiring dengan semakin berkembangnya kegiatan ekonomi masyarakat termasuk dengan program Rumah Pangan Lestari yang di lonching hari ini oleh Gubernur Sumatera Barat, harapnya. zardi
Previous Post Next Post