IP Pastikan Stok BBM

Padang, Nn -- Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Provinsi Sumatera Barat sepakati turun ke lapangan untuk peninjauan SPBU guna memastikan ketersedian stok Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai bentuk menyikapi rencana pemerintah menaikan harga.

Peninjauan tahap awal langsung dipimpin Gubernur Irwan Prayitno bersama waka Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsul Hidayat, serta manajemen Pertamina di wilayah Padang, Kamis. (20/6). Ikut hadir dalam kesempatan itu Kadis Koperasi dan UKM Ir. Afriandi Laudin, Kabiro Perekonomian Wadarusmen,SE,MM.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan, hasil rapat Forkopinda Rabu malam, juga menyepakati untuk turun ke pasar-pasar meninjau pergerakan harga, sebagai langkah antisipasi dampak kalau terjadi kenaikan BBM.

Peninjauan stok BBM di tingkat SPBU, kata dia, dimulai  pada Kamis (20/6) sore bersama Forkopimda serta instansi terkait, guna memastikan ketersedian.  Selain itu, langkah-langkah yang perlu dilakukan mencegah penimbunan BBM bersubsidi (aksi ambil untung)

Irwan mengingatkan, seluruh pemerintah daerah agar melakukan sosialisasi kenaikan harga BBM kepada semua elemen masyarakat.  Selain itu, jajaran instansi terkait agar meningkatkan koordinasi untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM.

Kita sudah menerima surat edaran  Mendagri pada Rabu, supaya melakukan sosialisasi rencana kenaikan BBM. Tapi petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana penyaluran BLSM belum ada," katanya.

Rakor Forkopimda memandang perlu meningkatkan pengamanan pada instansi vital Pertamina terutama pada depo/kilang penimbunan BBM Teluk Kabung. Selain itu, Pertamina pemasaran wilayah Sumbar agar mempersiapkan langkah antisipasi stok dan pendistribusian BBM menjelang dan sesudah pengumuman kenaikan harga BBM oleh pemerintah.

Kemudian, perlu mengantisipasi upaya penimbunan BBM oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Pemerintah Sumbar akan menyampaikan pernyataan kepada masyarakat melalui media surat kabar, radio dan televisi bahwa stok BBM cukup dan agar jangan ada penimbunan serta melakukan belanja berlebihan," katanya. Zardi
Previous Post Next Post