SKPD Harus Miliki Tenaga Teknis Perencanaan

Nn, Padang -- Perencanaan-perencanaab yang dilaksanakan oleh setiap Satuan Kerja Perangkat Daeran (SKPD) yang bisa menjawab berbagai permasalahan-permasalahan dilapangan dan dapat di sernegikan dengan dokumen-dokumen perencanaan lainnya yang lebih besar  disernegikan dengan perencanaan pusat dan Propinsi. Disampaikan Wakil Walikota Padang,  H. Mahyeldi Ansharullah, SP pada acara Bimbingan Teknis Perencanaan di Lingkungan Pemerintah Kota Padang, di Hotel  Axana.

Mahyeldi Ansharullah katakan dengan dilaksanakan kegiatan ini, diharapkan untuk dapat meningkatkan kualitas kinerja penyusunan dan pelaksanaan serta hasil rencana pembangunan daerah baik RPJMD, Renstra-SKPD, RKPD dan Renja. Sehingga akan dapat terhujud konsisten antar dokumen rencana pembangunan dan penganggaran serta keselarasan dengan dokumen perencanaan lainnya, pada gilirannya akan terselenggara pembangunan daerah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat.

Yakni pembangunan yang berkeadilan, berkelanjutan, meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan masyarakat serta mendorong daya saing daerah, ujar Wakil Walikota. Dalam kesemptan itu, Mahyeldi katakan agar semua peserta Bimtek benar-benar memperhatikan dan menyimak materi-materi yang disampaikan oleh Narasumber, dalam penyusunan renja SKPD tidak bingung lagi sehingga kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan dapat dilaksanakan dengan baik dan bertanggung jawab.

Disamping itu, kegiatan ini bisa saling mendukung, saling mengingatkan dan menciptakan hubungan kerja harmonis guna mensukseskan pembangunan di daerah kita, ujar 

Mahyeldi.Selanjutnya, laporan dari Ketua Pelaksana Bimtek, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Ir. Asnel, M.Si  menjelaskan Bimtek Perencanaan diadakan II Tahap, tahap pertama (I) jumlah peserta  sebanyak 30 orang, selama 3 hari dari tanggal 16-18 April 2013, di Hotel Axana Padang. Bimtek perencanaan bertujuan, tersedianya aparatur yang memiliki kemampuan teknis dalam perencanaan di setiap SKPD, terwujudnya peningkatan kualitas dan kapasilitas perencanaan program/kegiatan di setiap SKPD dilingkungan Pemko Padang dan terwujudnya pemahaman yang lebih mendalam tentang mekanisme penyusunan renstra dan renja SKPD, ujar Asnel.

Sedangkan sasaran dari bimtek ini, diharapkan peserta mampu menjelaskan pengertian perencanaan pembangunan daerah dan peserta harus mampu menyusun renstra SKPD sesuai dengan RPJMD, sesuai dengan prioritas pembangunan daerah dengan efektif, efisien dan tepa sasaran serta melaksanakan kegiatan sesuai dengan sasaran yang diharapkan.

Salah seorang peserta Bimtek, Dt. Siddik mengatakan dengan adanya pelatihan perencanaan ini, sungguh banyak sekali manfaatnya bagi kami dan juga bagi masyarakat nantinya, karena kami akan membuat perencanaan tidak asal jadi. Kita semua maklum, apapun yang akan kita kerjakan, semua di perlukan perencanaan yang matang dan jitu, agar hasil kerja tersebut sesuai dengan rencana semula, bila suatu kegiatan tanpa adap proses perencanaan, jelas hasil pekerjaan akan abaradul karena sesuai dengan harapan, ujar Dt. Siddik. Rel/Taf

Previous Post Next Post