Bangun Solidaritas Lewat Koperasi

Nn, Padang -- Hal terpenting dalam menumbuhkembangkan koperasi adalah pengembangan usaha koperasi dengan diikuti penguatan modal usaha koperasi. Merangkul sebanyak mungkin anggota merupakan cara yang paling cepat dan efektif dalam memperkuat modal koperasi.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP saat RAT Tahun Buku 2012 KPRI Dinas Kesehatan Kota Padang di Hotel Rocky, Selasa (16/4). Dihadiri Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Samsul Azhar, Pembina Koperasi Dinas Kesehatan Kota Padang yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Drg. Frisdawati A. Boer, serta pengurus dan anggota Koperasi Dinas Kesehatan Kota Padang.

Mahyeldi menjelaskan, dalam pengembangan unit-unit usaha, Koperasi Dinas Kesehatan Kota Padang harus bisa memanfaatkan setiap peluang usaha yang ada, termasuk yang berhubungan dengan bidang kesehatan.  “684 orang adalah jumlah anggota yang sangat kecil dibandingkan dengan jumlah pegawai yang berada dibawah naungan Dinas Kesehatan Kota Padang yang berjumlah 1000 orang lebih,” terang Mahyeldi.

Dikatakan, disamping menambah modal koperasi, dengan dirangkulnya seluruh pegawai tersebut akan mempererat solidaritas dan silaturrahmi sesama pegawai. Dan juga, keuntungan koperasi itu juga akan dinikmati oleh seluruh pegawai Dinas Kesehatan Kota Padang.

Koperasi Dinas Kesehatan Kota Padang memiliki modal sendiri per 3 Desember 2012 berjumlah Rp 2,9 Milyar, dengan nilai aset Rp 4,4 Milyar, nilai volume usaha sebesar Rp 6,1 Milyar, nilai pinjaman pada anggota sebesar Rp 4,1 Milyar, dan Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun buku 2012 sebesar Rp 284, 8 Juta.

Frisdawati menambahkan, membangun kebersamaan, kekompakkan dan solidaritas melalui koperasi, juga akan menciptakan efek positif dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari, termasuk dalam melayani masyarakat. 

Disamping RAT Tahun Buku 2012 KPRI Dinas Kesehatan Kota Padang, dikesempatan itu juga dilaksanakan pemilihan pengurus baru Koperasi Dinas Kesehatan Kota Padang. “Demi perkembangan Koperasi, pilihlah pengurus yang benar-benar berkompeten dan menguasai Koperasi, jangan karena faktor kedekatan,” ajak Frisdawati.

Dikesempatan itu Mahyeldi menyerahkan sertifikat Koperasi Berprestasi dari Pemko Padang kepada Ketua Koperasi Dinas Kesehatan Kota Padang Depitra Wiguna. Rel/LiL 

Previous Post Next Post