Semarak Kampung Dengan Peran Pemuda

Wawako Padang & Ketua Pemuda Rudianto
Nn, Padang -- Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP mengharapkan peran dan partisipasi pemuda dalam mendukung pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang. 

Secara prinsip, peranan pemuda senantiasa mengisi ruang kosong dalam masyarakat, yakni berperan secara alamiah dalam kepeloporan dan kepemimpinan dalam menggerakkan potensi dan sumber daya yang ada pada masyarakat. Hal itu disampaikan Mahyeldi saat menghadiri peringatan Ulang Tahun yang pertama Ikatan Pemuda Kampung Batu (IPKB) Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan. Dihadiri anggota majelis taklim Kel. Batang Arau, Anan-anak MDA, bundo Kanduang dan Tokoh Masyarakat. 

Dijelaskan, dalam membangun tentunya dibutuhkan partisipasinya masyarakat terutama peran generasi muda. Pemuda dituntut untuk secara kritis mampu terlibat lebih aktif dalam upaya pembangunan. Salah satunya, melalui proses belajar dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diiringi dengan kerja nyata dan pengabdian di bidang pembangunan masyarakat.

"Wujud generasi muda dalam mendukung pemerintah untuk pelaksanaan pembangunan, diantaranya menjaga ketertiban dan keamanan, tidak terlibat narkoba, tawuran, dan hal-hal lainnya yang dilarang," kata Mahyeldi.

Ditambahkan, peran aktif pemuda dengan menggelar berbagai kegiatan keagamaan, olah raga, gotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal, kegiatan-kegiatan sosial lainya, akan menjadikan kampung atau lingkungan akan lebih semarak lagi.

"Generasi muda sebagai bagian yang tak terpisahkan dari lapisan bangsa ini yang dikenal sebagai tulang punggung masyarakat tentu mempunyai kewajiban besar untuk mengemban perbaikan. Oleh karena itu peranan pemuda sangat dinanti-nantikan oleh segenap lapisan masyarakat", ujar Mahyeldi.

Sementara itu, Ketua IPKB Rudianto menjelaskan, pemuda Kampung Batu Batang Arau akan terus menggerakkan berbagai kegiatan termasuk kegiatan sosial, keagamaan dan olah raga.

"Dalam waktu dekat kita akan membangun lapangan sepak bola, agar nantinya lapangan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kemasyarakatan lainnya. Tidak seperti sekarang, kita masih memakai jalan raya untuk menggelar kegiatan," ujar Rudianto.

Rudianto berharap bantuan Pemko Padang untuk menyediakan alat berat untuk meratakan lahan untuk lapangan sepak bola tersebut.

Ahmad Abdullah, Ketua RT 04/RW 02 Kel. Batang Arau mengakui, dengan berbagai kegiatan yang digelar IKPB satu tahun ini, Kampung Batu Kel. Batang Arau kian semarak serta mendapat dukungan penuh dari masyarakat Kampung Batu.(LL) 
Previous Post Next Post