Satgas Anti Narkoba Libatkan Pelajar

Nn, Padang -- Pemerintah Kota Padang bersama Polda Sumbar dan BNK Kota Padang mengukuhkan Satgas Anti Narkoba dengan melibatkan pelajar sebagai motor penggerak sosialisasi anti narkoba di lingkungan sekolah. Acara tersebut digelar di SMK 9 Padang yang diikuti 400 pelajar SMA/SMK se-Kota Padang.

Kegiatan pengukuhan Satgas Anti Narkoba dihadiri langsung Walikota Padang DR. Fauzi Bahar, M.Si, Ketua Bhayangkari Polda Sumbar Damayanti Wahyu Indra Pramugari, Ketua BNK Kota Padang yang juga Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP, Tim dari Dir. Narkoba Polda Sumbar, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Indang Dewata.

Dikesempatan itu Fauzi menjelaskan, dengan dikukuhkannya Satgas Anti Narkoba  di SMA/SMK se-Kota Padang, diharapkan bisa mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

"Kerjasama yang baik dari pengurus Satgas Anti Narkoba sekolah, guru, para orang tua, serta seluruh elemen masyarakat akan menekan angka peredaraan dan penyalahgunaan Narkoba dikalangan pelajar," ujar Fauzi.

Sementara itu, Damayanti menambahkan, Bhayangkari dan Dir Narkoba Polda Sumbar siap bekerjasama dengan pihak sekolah untuk melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memberikan bimbingan kepada pelajar atas bahaya penyalahgunaan Narkoba serta memberikan penyuluhan hukum akibat dari penyalahgunaan Narkoba.

Lebih lanjut, Ketua BNK Kota Padang Mahyeldi menjelaskan, kehadiran Satgas Anti Narkoba di sekolah diharapkan dapat menjadi motor penggerak sosialisai anti narkoba di lingkungan sekolah, serta menggelar kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler agar waktu luang pelajar lebih terisi lagi.

"Dilibatkannya pelajar sebagai Satgas Anti Narkoba di sekolah untuk membangun komunikasi yang lebih efektif sesama pelajar tentang penyalahgunaan Narkoba," terang Mahyeldi. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Indang Dewata menambahkan, pada tahun 2011 pelajar Kota Padang yang terlibat Narkoba sebanyak 9 orang, 6 orang di tahun 2012, dan hingga Maret 2013 ini berjumalah 2 orang.

"Kita berharap, dengan dikukuhkannya Satgas Anti Narkoba di sekolah bisa menekan angka keterlibatan siswa dalam penyalahgunakan Narkoba," kata Indang. Rel/ LL 

Post a Comment

Previous Post Next Post