SKPD Harus Lakukan Sosialisasi Program Pembangunan

Padang, Nn -- Setiap SKPD mesti melakukan optimalisasi publikasi /sosialisasi kepada masyarakat, dapat melalui pemanfaatan media massa, media luar ruang, website, maupun dengan kegiatan event tertentu, pelatihan-pelatihan maupun kegiatan yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Hal ini perlu berkaitan dengan kesuksesan berbagai program yang dilakukan dalam rangka menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan. Kita dapat melihat salah satu contoh dengan sosialisasi program  e-KTP yang dinilai sukses di Sumatera Barat.

Ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam Pertemuan Koordinasi Kehumasan Daerah Bersama Gubernur Sumatera Barat, di Auditorium Gubernur. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekdaprov. DR. H. Ali Asmar, MPd, kepala SKPD dilingkungan Pemprov. Sumatera Barat.

Irwan Prayitno lebih jauh menyampaikan,  dua tahun kepemimpinan kita memang belum  fokus melakukan sosialisasi, karena belum tampak hasil dari apa-apa yang kita perbuatan. Namun di tahun ketiga ini, berbagai penghargaan dari keberhasilan telah kita raih dengan kerja keras bersama serta semua ini perlu diketahui oleh masyarakat kita, sebagai pertanggungjawaban umum.

Oleh karena itu ditahun 2013 ini, kita mesti memberdayakan semua program diberbagai sektor pembangunan untuk diketahui oleh masyarakat sebagai bukti untuk Sumatera Barat lebih baik.  Dan semua ini juga mendorong pemkab/ko untuk berbuat hal yang sama dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan mendorong potensi sosial capital yang ada ditengah-tengah masyarakat dalam memajukan, mengerakan pelaksanaan pembangunan itu sendiri. Jika masyarakat kita termotivasi secara baik, tentunya program –program yang kita lakukan dapat mencapai sasaran dan tujuan kesejahteraan masyarakat secara baik, ujarnya.

Irwan juga mencontohkan ada salah satu daerah hasil panen padi telah meningkat menjadi 8 ton per ha, sementara daerah tetangga dekatnya masih 4 ton per ha . Ini menandakan ada kegiatan sosialisasi program ini tidak berjalan merata, dimana belum semua masyarakat mengetahui program tersebut. Siapa yang hendak disalahkan ?.

Dari itu agar sosialisasi pergram ini dapat berjalan secara baik, kita dapat melakukan lewat publiaksi  media massa, media luar ruang, dan dengan kegiatan lainnya. Saat ini kita telah melakukan publikasi dibeberapa media cetak , terutama pada kegiatan dengan prestasi membanggakan atau keberhasilan yang mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat, dikerjasamakan dengan Humas.

Ada Rubrik Sumbar, Pariwara Kegiatan, Dialog Interaktif,  Himbauan layanan masyarakat. Pada media luar ruang ada baliho, brosur, leflet, banner, poster dan lain-lain. Gubernur juga menegaskan lima point dalam kegiatan publikasi yang patut menjadi perhatian setiap kepala SKPD, pertama  singkronisasi kegiatan publikasi/ Sosialisasi terkelola secara baik agar fokus dan terarah.

Kedua, untuk efesiensi dan efektif kegiatan publikasi perlu koordinasi kerjasama setiap SKPD dengan Biro Humas agar tidak terjadi tumpang tindih, kerancuan informasi yang tidak terolah secara matang. Ketiga, target dan sasaran kegiatan publikasi/sosialisasi  mampu mendorong pemberdayaan masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan pembangunan. Keempat Biro Humas berkewajiaban membangun hubungan yang lebih harmonis dengan mitra kerja pers sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kelima, kembangkan inovasi-inovasi baru yang relevan dalam penyebarluasan informasi dengan memanfaatkan kemajuan Informasi Teknologi, ada website, twiter dll. Zardi

Previous Post Next Post