Pemerataan Pembangunan Harus Terwujud

Nn, Agam -- Wakil Gubernur Muslim Kasim melakukan Kunjungan Safari Ramadhan ke Kab. Agam, tepatnya di Kecamatan Palembayan, Kanagarian Sipinang, Jorong Paraman. Lokasi acara berada di Mesjid Baiturrahman , sekitar 78 Km dari Pusat pemerintah Kabupaten Agam. Jalur perjalanan memang sedikit menjadi kendala Tim Ramadhan , karena tempat acara berada di tempat yang terpencil, sekitar 2, 5 Km jalur hanya  bisa di lalui dengan menggunakan motor, namun dengan niat dan tujuan dari safari Ramdahan ini adalah sebagai ajang silaturrahmi antara Pemerintah provinsi dengan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten, sekaligus penjaringan aspirasi dari masyarakat, Segala kendala dan Rintangan tidak kami rasakan, ujar Muslim Kasim.

Muslim Kasim mengatakan bahwa Kunjungan-kunjungan safari Ramadhan ini bukan hanya bersifat seremonial belaka. Yang digambarkan kepada kunjungan-kunjungan pada daerah-daerah dan kawasan atau mesjid yang bagus dan megah. Namun dapat kita lihat bersama, Mesjid Baiturrahman yang kita kunjungi hari ini, jalurnya bisa dikatakan belum layak, dan  jika digunakan oleh masyarakat sebagai sarana transportasi dalam rangka peningkatan kegiatan pertanian dan perdagangan sangat tidak efektif dan efisien sekali. Jadi mudah-mudahan kedepannya pemerintah Kabupaten juga dapat mengakomodir permintaan masyarakat di jorong Paraman ini, agar pembangunan jalan yang layak dapat terwujudkan.

Wagub Muslim Kasim yang didampingi oleh sejumlah Pejabat SKPD di Pemerintah Provinsi, Staf Ahli Gubernur Rosman Efendi, Kepala Dinas kelautan dan Perikanan, Kepala Biro Humas, serta sejulamlah Tim Ramadhan Provinsi lainnya, juga di dampingi oleh Pejabat pemda kab. Agam , yang diwakili oleh Sekda Kab. Dan Camat Palembayan  menyampaikan Pemerintah Provinsi tentu juga tidak akan tinggal diam melihat hal ini, Pemprov juga akan berupaya mendorong agar terlaksananya program PMPMD, jika memang tidak ada program PNPM disini. Insya allah pembangunan jalan sejauh 2, 5 Km ini dapat terlaksana Tahun ini. Kita akan berkolaborasi, antara Pemerintah provinsi, TNI kemudian Pemerintah Kabupaten Agam.

Lebih lanjut Muslim Kasim menyampaikan himbauannya agar terjadi pemerataan pembangunan di setiap Kab/Kota, karena fungsi pemerintah adalah sebagai fasilitator untuk masyarakat agar seluruh masyarakat di setiap Kab/Kota sejahtera dari setiap segi kehidupan. Kemudian untuk lokasi dari jorong Paraman ini yang berada di lembah yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang berbatu, agar masyarakat serta pemerintah daerah dapat lebih arif dan bijaksana menjaga kelestarian ekosistem yang ada. Ini dikarenakan jika terjadinya pembangunan yang tidak sesuai dengan aturan dan terjadi pembalakan liar di daerah ini, di kemudian hari dampaknya akan bisa membahayakan masyarakat di jorong ini. Jadi saya harapkan semua dapat bahu-membahu untuk menjaga kelesatarian alam daerah kita ini, karena sangat banyak potensi yang dapat kita kembangkan dari daerah di Kabupaten Agam ini. Zardi
Previous Post Next Post