Sumbar Tercepat Penyaluran BOS 2012

Nn, Padang -- Sumbar kembali menorehkan prestasi ditingkat nasional, setelah Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mendapat penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai daerah tercepat dalam penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2012.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Boediono, saat puncak peringatan hari pendidikan nasional, Rabu (13/6) di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden mengatakan peringatan Hardiknas tahun ini patut disyukuri karena kembalinya fungsi kebudayaan bergabung ke Kementrian pendidikan setelah terpisah lebih dari 10 tahun.

"Kita ingin generasi sekarang merupakan generasi emas, yang akan menentukan kemajuan bangsa. Generasi setelah ini, harus lebih baik dari generasi yang ada saat ini, caranya dengan pendidikan yang bermutu dan berkarakter," kata Wapres.

Terkait penyatuan pendidikan dan kebudayaan, Wapres menyampaikan dalam pendidikan yang diharapkan tidak saja hasil Ujian Nasional, tapi juga karakter untuk menghasilkan calon generasi emas Indonesia.

"Ibarat dua keping mata uang. Keping satu dengan lainnya memiliki makna  dan nilai yang sama, tidak bisa dipisahkan karena di dalam proses  pendidikan ada penanaman nilai-nilai budaya," ujar Wapres.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno seusai acara menyampaikan penghargaan ini merupakan bukti kepedulian Pemerintah Daerah dalam memperhatikan pendidikan. Karena dengan penyaluran BOS yang cepat, maka proses pendidikan di daerah tersebut tidak akan terganggu.

"Dengan tepat waktunya penyaluran dana BOS, maka proses pendidikan disuatu daerah akan terlaksana dengan baik. Sehingga kendala dalam operasional sekolah tidak sampai menganggu proses belajar mengajar," kata Irwan Prayitno.

Dijelaskan Irwan, Sumbar saat ini mendapat penghargaan karena dinilai paling cepat dari 33 provinsi yang ada di Indonesia. Penghargaan ini juga pertama kali dilaksanakan dalam penyaluran BOS.

Selain Gubernur Sumbar, Gubernur yang juga mendapat penghargaan dari DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, dan Kepulauan Riau. **
Previous Post Next Post