Basarnas Adakan Pelatihan

Nn, Padang – Untuk mengimplementasikan berbagai kegiatan dalam menangani pencarian dan pertolongan perkotaan atau Urban Search and Rescue (USAR). Hari ini Badan SAR Nasional yang dipercaya UN-OCHA menggelar event bertaraf internasional pelatihan bersama di hotel Pangeran Beach Hotel.

Tentunya melalui pelatihan ini akan mampu menunjukkan eksistensi dan kompetensinya dalam hal USAR serta famolierisasi dan mengiplementasikan prosedur operasi SAR seperti yang tertuang dalam INSARAG Guidelines.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI Daryatmo SIP melalui Direktur Pelatihan Badan SAR Nasional Sunarbowo,S  kepada wartawan dalam jumpa persnya beberapa menit lalu.

Menurutnya dalam menjalin kerjasama lintas sektoral dan luar negeri sangat penting dilakukan, agar dapat memberikan kontribusi yang positif dan konstruktif dalam upaya peningkatan mutu pelayanan dalam penyelenggaraan operasi USAR di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Basarnas juga mensosialisasikan program “SAR Goes to School” di Sumatera Barat. Program ini telah dilaunching pada pertemuan INSARAG pertama di Bali tahun lalu. Program ini telah disosialisasikan di sejumlah daerah dan targetnya ke seluruh Indonesia. SAR Goes to School ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat, khususnya kepada anak usi dini tentang SAR. **
Previous Post Next Post