Peringatan Hari Koperasi ke 65

Nn, Padang -- Peringatan Hari Koperasi ke 65 tahun 2012 Tingkat Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan 17 Juli 2012, di Lapangan Imam Bonjol Padang, dengan inspektur upacara Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno.

Kepastian penyeleanggaraannya di Kota Padang terungkap dalam rapat lengkap panitia, yang dipimpin Ketua Umum Pelaksana Wakil Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Sp, di Ruang Sidang Balaikota Padang.
Juga dihadiri wakil dari Dinas Koperasi/ UKP Provinsi Sumbar, Dekopinda/ wil, wakil dari kabupaten/ kota se Sumbar, dan semua seksi- seksi acara.

Adapun tema peringatan tahun ini yaitu, ‘’Membangun Koperasi Untuk Kemandirian Negeri’’. Dengan sub tema,  Koeprasi Maju, Indonesia Bersatu, Dengan Koperasi Membangun Dunia Lebih Baik. Sedangkan untuk menyemarakkan peringatan hario koperasi tersebut juga dilaksabakan berbagai kegiatan. Antara lain lomba tangkas terampil koperasi, gerak jalan/ fun bike, bhakti sossial, donor darah, pecan promosi, seminar/ lokakarya, bantuan kepada warga dan anak anggota koperasi yang miskin, pemberian bea siswa kepada anak anggota koperasi tak mampu, anjangsana/ ziarah ke makam pahlawan.

Selain itu penilaian koperasi berprestasi, dan penilaian tokoh koperasi tahun 2012 tingkat Provinsi Sumatera Barat, lomba penulisan artikel tentang koperasi, Diklat tentang perkoperasian yang diikuti oleh para insan pers dan para da’i.  Untuk itu diharapkan kepada seluruh panitia pelaksana menyukseskan semua agenda acara yang sudah dirancang, tegas H. Mahyeldi Ansharullah.

Koperasi merupakan wahana demokrasi ekonpmi sebagai soko guru perekonomian rakyat Indonesia, dan merupakan wadah meningkatkan ekonomi dalam rangka menghadapi krisis ekonomi global. Untuk itu eksistensi sudah memberikan dampak positif bagi peningkat kehidupan masyarakat yang berekomi lemah dan menengah, ujar Mahyeldi.

Untuk itu ia mengharapkan agar wadah koperasi dipupuk dan dikembangkan terus, yaitu agar semua pengurus/ pengelola koperasi ke depan lebih focus memperhatiakn koperasi. Sehingga tidak ada lagi kesan seolah- olah koperasi diplesetkan, yaitu menjadi ku-perasi.

Saat ini di Sumbar koperasi berkembang cukup pesat dan betul- betul memberikan dampak positif bagi masyarakat. Saat ini tercatat sebanyak 3.743 koperasi, yang aktif 2.482 dan yang sudah melaksanakan RAT 66 persen. Dengan angka tersebut membuktikan eksistensi koperasi semakin mendapat tempat di hati masyarakat, tegas Mahyeldi.

Mahyeldi berteked wadah koperasi semakin bangkit dan bangun, sehingga  mampu memecahkan permasalahan ekonomi dan keuangan masyarakat. ‘’Mari kita rapatkan barisan dei kemajuann wadah koperasi dimasa mendatang. Hms

Post a Comment

Previous Post Next Post