Festival Lagu Minang Elly Kasim

Nn, Agam -- Elly kasim merupakan aset dan kebanggaan orang minang, pelaksanaan festival Pop Minang Lagu Elly Kasim antar SLTA se Sumatera Barat ini amat kita dukung dan fasilitasi agar muncul penyanyi-penyanyi dari kalangan generasi muda minang yang dapat meneruskan seni budaya daerah ini.

Ini disampaikan Wagub Muslim Kasim disela-sela acara Festival Penyanyi Pop Minang lagu Elly Kasim antar SLTA se Sumatera Barat tahun 2012, dilapangan Mahoni Tiku, Kecamatan Tanjungan Mutiara kabupaten Agam. Walaupun Muslim Kasim hanya sebentar hadir, karena ada kesibukan acara lain, acara tetap berjalan dengan sukses dan lancar.

Lebih lanjut Muslim Kasim menyampaikan, tingkat populer Elly Kasim telah memikat hati masyarakat minang baik yang ada didaerah maupun yang ada diperantauan. Ini perlu kita jaga agar dapat menjadi inspirasi bagi semua orang, bagi kebaradaan orang minang dimanapun berada.

Kita juga mendorong Uni Elly Kasim membuat memorealibitasi, semacam moseum tentang karya suara yang lelah dilantunkan, sebagai album kenangan kemajuan seni tarik suara lagu-lgu pop minang dalam balantika musik daerah dan nasional. Kita mendukung event ini terus digelar sebagai motivasi dan mengajak generasi muda untuk ikut memajukan lagu-lagu minang lebih baik lagi dimasa - masa datang.

Kita butuh banyak orang-orang seperti Uni Elly Kasim yang terus berusaha dan berjuang dengan kesenian daerah, mempepolerkan keharuman nama Minang, Sumatera Barat pada umumnya. Setiap kita generasi dan generasi berikutnya mesti terus berkembang, melestarikan seni budaya dan karakteristik orang-orang minang. Ini tentu demi kelestarian dan martabat orang -orang minang itus sendiri dimasa -masa datang, ujarnya.

Festival ini memperebutkan Piala Gubernur, Wakil Gubernur dan Bupati Agam, serta Piala Bergilir Elly Kasim. Sementara jumlah perserta yang ikut ambil bahagian sebanyak 107 orang yang merupakan utusan 13 SLTA Kabupaten Kota se Sumatera Barat. Kegiatan ini berlangsung selam dua hari sejak tanggal 17-18 Maret 2012. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post