Walikota Bersama DPRD Bahas Kontribusi PT. Semen Padang

Nn, Padang -- Untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah), Pemko  Kota Padang terus memaksimalkan peluang-peluang pemasukkan PAD Kota Padang. Salah satu peluang yang amat besar saat ini adalah rencana pemanfaatan lahan 412 hektar oleh PT. Semen Padang.

Hingga saat ini kontribusi PT. Semen Padang bagi Kota Padang  sangat kecil dibandingkan keuntungan yang diperoleh PT. Semen Padang per tahunnya. Dan dimasa yang akan datang tentunya PT. Semen Padang akan memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi PAD Kota Padang.

Hal tersebut ditegaskan Walikota Padang DR. Fauzi Bahar, M.Si kepada Ketua DPRD Kota Padang, Anggota DPRD Sumbar Dapil Kota Padang,  puluhan Tokoh Masyarakat, Ketua Ikatan Keluarga Padang James Holiward,  Ninik Mamak, Alim Ulama, Akademisi se Kota Padang, SKPD Kota Padang dan insan pers saat coffe morning bersama di Palanta Rumah Dinas Walikota siang tadi. Juga turut dihadiri Mantan Walikota Padang Zuyen Rais, LKAM Kota Padang, REI Sumbar.

 “PAD kita saat ini hanya 165 Milyar, dan angka tersebut terlalu kecil untuk membangun kembali Kota Padang yang hancur akibat gempa 2009 lalu, dan untuk meningkatkan PAD tersebut peluang yang ada dan sangat jelas didepan mata saat ini adalah mengkaji ulang kontribusi PT. Semen Padang bagi Kota Padang”,ujar Fauzi.

 “Seandainya pajak 10% dari keuntungan bersih PT. Semen Padang per tahun menjadi PAD Kota Padang, alhasil PAD Kota Padang akan bertambah sekitar 100 Milyar per tahun”, dan angka tersebut akan sangat membantu pembangunan Kota Padang kedepannya”, tambah Fauzi.

Ditambahkannya, untuk menentukan formula yang tepat bagi tambahan PAD Kota Padang kita secara bersama-sama disini menghimpun ide-ide, konsep, gagasan dan pemikiran untuk kita rumuskan secara bersama sebagai langkah kerja yang tepat.

 “Dalam waktu dekat kita akan terus matangkan rencana ini, sampai kita menemukan formula yang benar-benar tepat untuk meningkatkan PAD Kota Padang, dan saat ini kita sedang mempersiapkan tim kerja khusus yang akan mengkaji kontribusi PT.Semen Padang terhadap PAD Kota Padang ”, tambah Fauzi lagi.  
Dalam pertemuan itu tokoh masyarakat sepakat masalah lahan 412 Ha yang akan dimanfaatkan oleh PT Semen Padang, di kawasan Batu Gadang harusa ada kontribusinya kepada Pemko Padang untuk percepatan pembangunan. Aneh rasanya kalau perusahaan besar, seperti PT SP, tetapi sangat minim kontribusinya bagi daerah. Sementara di daerah lain cukup signifikan, seperti PT Semen Tonasa, ujar Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos kepada pers pertemuan itu.

Prof. Damsar dari Unand sangat menyayangkan selama ini masyarakat lebih banyak dapat debunya, dari pada yang lain. Makanya kita sepakat dimasa mendatang kontribusi PT Semen Padang harus semakin besar. Apakah dalam bentuk penyertaan saham bagi daerah, 7 sampai 10 persen laba bersih untuk daerah, atau daerah akan membangun sendiri sebuah perusahaan yang sama, ujar Prof. Jafrinur yang juga putra asli Padang. Tekad Pemko Padang untuk meraih kontribusi lebh besar akan kita dukung bersama- sama, tegasnya. Rcd/rel

Post a Comment

Previous Post Next Post