MK Temu Wicara Bersama Keltan

Nn, Pasaman -- Kita bangga kemajuan dan kesungguhan masyarakat petani Pasaman memajukan produktifitas hasil pertanian di daerah ini. Ini terbukti dengan  produksi coklat, beras, ikan air tawar dan jagung yang setiap tahun terus meningkat. 
 
Ini disampaikan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim ketika melakukan kunker dan Temu Wicara dengan kelompok Tani se Pemkab Pasaman di Lansek Kodok Rao Selatan Pasama. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Benni Utama, Kadis Perikanan Ir.Yosmeri, Kabiro Humas Surya Budhi,SH., Kadis Perkebunan, Kadis Prasal Takim, Kadis Perkebunan, Kadis Peternakan, Sekdakab Pasaman serta beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Pasaman. 
 
Lebih jauh Muslim Kasim menyampaikan, keberhasilan ini tetu tidak terlepas dari motivator yang diberikan Bupati Benni Utama kepada masyarakatnya. Kita berharap hal-hal yang positif ini akan terus dapat dikembangkan, sehingga akan menjadi contoh bagi yang di Provinsi Sumatera Barat. 
 
Kita menyadari tantangan dan kendala dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat cukup besar, selain pemerintah memiliki dana yang terbatas namun jika potensi masyarakat ini dapat berkembang bukan tidak mungkin kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan dengan baik. 
 
Saat ini kita ketahui  jumlah penduduk miskin di Pasaman hanya tingga 5.000 orang saja ini sudah jauh lebih baik dari angka sebelum yang berjumlah lebih dari 25.000 orang pada tahun 2005 lalu. Ini menandakan, kita juga bias membangunan daerah ini dengan kekuatan sendiri, masyarakat kita cukup cerdas dan mau bekerja keras.
Dari perkembangan yang luar bias terjadi saat Pasaman merupakan daerah produksi coklat terbesar di Sumatera Barat. Dan kita mesti terus dorong daerah-daerah lain ikut mengembangkan coklat ini karena masih ada kesempatan pengembangan 100 ha perkebunan coklat, ajaknya
 
Muslim Kasim juga menyampaikan, keinginan masyarakat untuk pembangunan pakan ikan dan ternak perlu kita kaji dengan seksama, sehingga pembangunan pabrik pakan ikan dan ternak tersebut bias menjadi multi efek yang baik. 
 
Kita tidak ingin semua usaha dalam pembangunan ini sia-sia. Namun kita amat yakin para sarjana dan masyarakat kita yang kreatif akan berbuat lebih baik bagi negeri dan kebutuhan masyarakat di daerah ini. Karena ada masyarakat kita di beberapa kab/ko telah berhasil memproduksi sendiri pakan ternak, walau belum lagi baik. 
 
Namun ini tentu akan menjadi pemikiran kita bersama untuk bagaimana kebutuhan dan keinginan masyarakat tersebut dapat terwujud dalam upaya mensejahteraan masyarakat di Sumatera Barat. Kepada masyarakat jangan mudah patah arang, berinovasilah dengan baik, manfaatkan potensi yang sehingga kita mampu menjadi masyarakat yang mandiri dan sejahtera, himbaunya.
 
Bupati Pasaman Beni Utama dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, Pasaman dari tahun 2010 hingga tahun ini terus mengalami surplus beras. Ini juga memperlihatkan bahwa di Pemkab Pasaman lebih dari 51 persen PDRBnya berasal dari sector pertanian. 
 
Dan kita akan terus dorong setiap usahan masyarakat ini,sehingga dapat berkembang dengan baik. Kita menyadari luas lahan produksi yang amat terbatas ini jika dapat dimanfaatkan secara baik dan tepat akan mampu mendongkrak kemajuan yang lebih baik dari waktu ke waktu, ujarnya.
 
Benni juga menyampaikan harapan dan permohonan kepada Pemprov. Sumbar terhadap kondisi jalan yang kurang baik dan berbelok-belok, sehingga sering masyarakat mengeluh terhadapa perjalanan yang kurang nyaman. 
 
Jika di Kabupaten Solok bias jalan di luruskan, tentunya juga dapat dilakukan di daerah ini, sehingga transpostasi semakin lancer dan tentunya juga akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata dan lain-lain, ujarnya.
 
Dalam kesempatan tersebut Wagub Muslim Kasim menyerhakan Bantuan 1 buah  eskapator, peralatan gunting dan galang dari Dinas Perkebunan dari pemprov yang diterima oleh Bupati Benni Utama disalurkan kepada kelompok tani semoga jaya. Dan juga ada bantuan bagi orang-orang jompo uang tunai Rp  150 / perbulan untuk 20 orang sampai akhir hayat. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post