Bangun Karakter Remaja Dengan Didikan Subuh

Nn, Padang -- Upaya-upaya untuk membangun karakter yang memiliki keimanan, akhlak mulia, kepedulian sosial, kejujuran, rasa malu, harus diwujudkan secara bersama dengan bersinerginya antara pemerintah dengan masyarakat.

Wirid remaja, didikan subuh dan pesantren ramadhan merupakan  program Pemko Padang dalam upaya membangun karakter generasi muda dengan melibatkan masyarakat secara aktif. Peran aktif masyarakat tersebut dilihat dari peran aktif rumah tangga, rumah sekolah, rumah adat, dan rumah ibadah. Keempat “rumah” tersebut menjadi acuan atas kesuksesan pelaksanaan program wirid remaja, didikan subuh dan pesantren ramadhan.  

Hal tersebut dijelaskan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP disaat membuka acara Evaluasi Pemantapan Pelaksanaan Didikan Subuh dan Wirid Remaja di Ruang Sidang Balaikota Padang. Turut dihadiri Depag Kota Padang, Sekda Kota Padang, Pimpinan SKPD, Ormas dan pegawai Pemko Padang.

 “Dasar dan arti penting dari didikan subuh, wirid remaja dan pesantren ramadhan adalah merupakan salah satu solusi untuk menangkal paham atheis atau ketidakbenaran pemahaman, sebagai tempat untuk pembekalan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatkan keimanan, ibadah dan akhlak”, ujar Mahyeldi.

Ditambahkannya, mewujudkan hal tersebut memang harus melibatkan semua pihak, peran orang tua (rumah tangga), peran guru (rumah sekolah), peran, ninik mamak, bundo kandung (rumah adat), dan peran alim ulama (rumah ibadah).  

 “Secara bersama kita harus optimalkan dan mengkapitalisasi pelaksanaan program ini. Mungkin sebagian orang masih berpikir bahwa program didikan subuh, wirid remaja tidak produktif dan hanya menyibukkan anak-anak mereka, akan tetapi kita harus ingat bahwa orang yang sukses adalah orang yang memiliki kesibukan yang tinggi”, tegas Mahyeldi.

Pada kesempatan itu Mahyeldi menghimbau seluruh jajaran pegawai Pemko Padang untuk menjadi motor penggerak pelaksanaan program-program pemerintah dan berperan aktif mensukseskan program-progam tersebut, hal itu dikarenakan nilai karakter, moral dan spritualitas merupakan modal dasar untuk meraih kesuksesan. Rcd/rel

Post a Comment

Previous Post Next Post