Napi Rutan Rangkas Bitung Kabur

Nn, Lebak – Lemahnya pengawasan di Rumah Tahanan Rangkas Bitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten,  membuat satu orang warga binaan berhasil melarikan diri. Warga binaan yang bernama Robi (16) tersebut berhasil kabur dengan cara meloncat dinding setinggi lima meter, melalui salah satu pos penjagaan.

Namun sayang, ketika semua wartawan datang untuk memperoleh informasi, seolah-olah petugas jaga menutup-nutupi bahkan melarang wartawan mengambil gambar dalam lingkup rumah tahanan tersebut.

Ketika didesak wartawan dengan pertanyaan, petugas itupun menjawab “untuk pengambilan gambar tempat kejadian, harus ada surat izin dulu dari Kanwil Banten,”

Dan berdasarkan pengakuannya,  larinya satu orang tahanan dikarenakan, pada saat itu petugas jaga yang berada di pos empat Rutan Rangkasbitung, meminta tolong kepada tahanan yang bernama Robi, untuk memperbaiki pintu pos yang telah rusak. Akan tetapi disaat petugas lengah, tiba-tiba Robi merupakan tahanan dengan kasus pencabulan itu meloncat keluar dan melarikan diri dari pos tersebut.

Kasubsi Pengelolaan Rutan Hilman saat dikonfirmasi wartawan www.nusantaranews.net menegaskan, bahwa pihak rutan akan memeriksa penjaga yang lalai tersebut, serta mengambil tindakan tegas sesuai dengan peraturan Pegawai Negeri Sipil, tentang kedisiplinan.
Adapun sanksi yang dijatuhkan, bisa berupa hukuman ringan sampai dengan kepemecatan,  namun itu perlu pemeriksaan lebih dahulu, ujarnya. Iyan.RL
 

Post a Comment

Previous Post Next Post