Kota Padang Gelar Pekan Muharam

Nn, Padang -- Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1433 H, Pemerintah Kota Padang menggelar Pekan Muharam di palataran parkir GOR H. Agus Salim pada tanggal 24 sampai 26 November. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan Festival Qasidah Rebana antar Majelis Ta’lim se-Kota Padang, Lomba Khutbah Jumat antar siswa SMA atau SMK. Dan pada acara puncak akan di gelar tabligh akbar menyambut detik - detik pergantian tahun baru yang rencananya akan diikuti oleh seluruh PNS Pemko Padang.

Pekan Muharam dibuka secara langsung oleh Asisten II Pemko Padang Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Didi Aryadi. Disela - sela pembukaan tersebut Didi menegaskan bahwa acara Pekan Muharam dalam rangka memperingati tahun baru Islam  1433H adalah untuk mewujudkan visi Kota Padang sebagai kota metropolitan yang religius, aman dan sejahtera.

Makna hijrah Nabi Muhammad SAW merupakan perubahan besar terhadap peradaban manusia. Pelajaran yang harus diambil dari peristiwa tersebut bagaimana Nabi Muhammad SAW mulai membangun peradaban Islam dari tataran individual menuju tataran sosial yang lebih baik. Tataran individual yang dimaksud, Rasulullah telah menegakkan akidah Nafsiah yaitu menegakkan akidah dalam diri setiap insane, ujar Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar menambahkan.

“Hal inilah yang dilakukan oleh Pemko Padang dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa program dan kegiatan yang ditujukan sebagai proses pembinaan mental dan spiritual masyarakat semakin ditingkatkan. Program pesantren ramadhan, wirid remaja, didikan subuh, Juz ‘Amma dan Ama’ul Husna terus bergema di berbagai penjuru Kota Padang”, ujar Didi.

“Marilah kita jadikan momentum tahun baru Hijriah kali ini untuk senantiasa mendalami dan meneladani nilai - nilai perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam membangun sebuah Negara yang berkeadilan dan beradab, yang menjamin kemerdekaan beragama, beribadah, serta menjamin keamanan dan kesejahteraan bagi rakyatnya”. 

Selaku ketua pelaksana, Jamilus menambahkan bahwa acara ini bertujuan untuk menyemarakkan tahun baru Islam 1433 H, menyiarkan agama Islam dan memupuk silaturrahmi antar sesama warga Kota Padang. (Humas Sumbar)

Post a Comment

Previous Post Next Post