Pisah Sambut Kajati Sumbar

Nn, Padang -- Saat ini tidak ada lagi yang namanya ATM bagi orang sedang berkasus di Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat. Semua telah kami bersihkan melalui Sistem Operasional Prosedur (SOP) dalam menegakkan kepastian hukum di Sumatera Barat yang berkerjasama dengan Pihak Polda Sumbar.

Ini disampaikan DR. Bagindo Fachmi, SH, MM pada saat Acara Pisah Sambut Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar dari DR. Fachmi, SH,MM kepada Muhammad Hamid,SH,MM di Gubernuran, Kamis malam ( 20/10). Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua DPRD Sumbar, Forum  Kopinda Sumbar, Bupati Walikota se Sumatera Barat, Sekdaprov. Drs. H. Ali Asmar,M.Pd, Kepala SKPD dilingkungan Pemprov Sumbar.

Lebih jauh Bagindo Fachmi menyampaikan, kita telah berusaha semaksimal mungkin melakukan penegakan dan kepastian hukum di Sumatera Barat, Iya atau Tidak seseorang itu bersalah dalam pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan daerah. Oleh karena itu mungkin ada tindakkan yang tidak pada tempatnya, kesalahan, kekeliruan ataupun kekilafan selama 11 bulan bertugas, mohon diberi maaf.

Tidak ada gading yang tidak retak, selama melaksanakan tugas di daerah ini. Namun bagi kami penegakan hukum perlu terus dilakukan dengan integritas diri yang kuat dalam mewujudkan kepastian hukum. Untuk beberapa kasus, kami telah menyelesaikan dengan baik dan berkat dukungan semua pihak.

Pada dasarnya kami penegak hukum hanya menjalankan tugas, atas laporan masyarakat yang kami tindak lanjuti melalui mekanisme hukum yang berlaku. Selain itu di Sumatera Barat ini kita juga telah mengenal dasar hukum yang jelas ” Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ASB-SBK), sebagai pedoman yang mesti kita tegakkan secara baik dan benar.

Kepala Kajati yang baru kita berharap kerjasama, penegakan hukum kriminalitas bersama Polda Sumbar terus lebih ditingkatkan, dalam upaya SOP penegakan hukum yang lebih baik dimasa-masa mendatang, harapnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam kesempatan tersebut menyampaikan, apresiasi dan ucapan terima kasih segenap komponen masyarakat Sumbar atas segala pengabdian Bapak Bagindo Fachmi selama 11 bulan di Sumatera Barat. Mudah - mudahan ditempat tugas yang baru dapat lebih baik lagi dan sukses selalu.

Kita merasa, semakin lama seorang penegak hukum itu bertugas, akan semakin mantap dalam proses penegakan hukum itu sendiri karena semua itu butuh pengalaman dan kematangan diri dalam penegakan hukum tersebut. 

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap bekerjasama dengan Kepala Kejaksaan Tinggi yang baru, yang juga telah lama bertugas di daerah ini sebagai wakil Kajati Sumbar, mudah-mudahan ini akan lebih mempererat hubungan koordinasi dan sinegritas penyelenggaraan pemerintahan daerah di Sumbar, ujarnya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post