Irwan Prayitno : Kehumasan Mesti Dorong Partisipasi Masyarakat

Nn, Padang -- Kita perlu memantapkan tugas-tugas kehumasan daerah secara sinegritas program dengan SKPD dan Humas-Humas Pemkab / ko se Sumatera Barat, bagaimana semua itu diketahui oleh masyarakat. Karena kunci penyelenggaraan pembangunan daerah meningkatnya peran serta dan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pembangunan daerah.

Ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika memberikan pengarahan umum kepada Kepala Humas-Humas Pemkab/ko dan Humas-humas SKPD dilingkungan pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dalam Acara Pertemuaan Bakohumas, di Auditorium Gubernuran. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Biro Humas dan Protokol Surya Budhi,SH, Kabag Penerangan Drs. Akral,MM.

Lebih jauh Irwan Prayitno menyampaikan, membangunan koordinasi dan sinegritas secara teknis dengan berbagai program yang ada di provinsi dan mensingkronkannya dengan pelaksanaan program pembangunan di kabupaten / kota, merupakan hal yang perlu dikembangkan Humas ke depan.

Kita berharap Humas mampu menginformasikan semua program tersebut kepada masyarakat, sehingga masyarakat peduli dan memiliki motivasi menyukseskan program tersebut. Sebutlah di provisi ada program Gerakan Pensejahteraan Petani, Pengembangan usaha masyarakat Pesisir, Pendidikan Berkarakter, Program pengembangan UKM serta program-program lain yang dekat dengan masyarakat.

Contoh soal ketika kegiatan imunisasi, saya berharap saat itu adanya pemberitaan yang jelas dan tuntas sehingga masyarakat tahu tidak sepotong-sepotong, karena hasil evaluasi dilapangan tinkat capaian imunisasi masih relatif kecil dari target yang diharapkan. Jika saja koordinasi sinegritas Humas dan Dinas Kesehatan berjalan baik dan tepat tentu semua dapat memberikan layanan informasi kehumasan daerah yang lebih baik.

Kemudian dalam hal pemberitaan dan penyebarluaskan informasi pemerintah jangan semua diserahkan pada wartawan / pers, perlu juga adanya Pres relis dari Humas, yang dapat juga menjadi refensi dan cross cek informasi tentang kegiatan yang sama.

Aktifitas Pres Relis, atau bentuk- bentuk lain bahan informasi kehumasan daerah mesti terus di berdayakan semaksimal mungkin, ada Rubrik, Pariwara, Baliho, Tulisan-tulisan, artikel-artikel, Web site, poster dan selebaran ( brosur) Liefled. Ini merupakan tugas-tugas baku yang mesti terus digenjot secara paripurna.

Sementara kegiatan sosialisasi, lainnya yang merupakan penunjang, dialog interaktif di Media TV, RRI dan lain sebagainya itu, juga dikembangkan secara berkesinambungan, sehingga pemahaman semua program dan sosialisasi kegiatan yang ditujukan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran, harapnya.

Irwan Prayitno juga menyatakan, pers hendak juga tidak terlalu ngotot kepada pemberitaan yang bersifat rotasi, mutasi, atau kegiatan reformasi biokrasi yang dilakukan pemerintah, karena semua itu tidak ada manfaat secara langsung kepada masyarakat.
Kita juga berharap Aparat Humas dan Pers mampu membangunan hubungan kerja yang baik sebagai ujung tombak meningkatkan motivasi dan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan kesinambungan pembangunan, dalam upaya kita meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari waktu ke waktu, himbaunya.

Kepala Biro Humas dan Protokol dalam kesempatan terpisah menyampaikan, kegiatan Pertemuan Bakohumas merupakan sarana koordinasi dan mengembangan sinegritas kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD dilingkungan pemprov Sumbar juga membangunan koordinasi kegiatan informasi dengan Pemkab/ko melalui humas dan Inforkom se Sumatera Barat.

Kesemua itu merupakan langkah-langkah yang baik, memajukan dan mengembangkan invonasi dan kreatifitas kegiatan kehumasan daerah dimasa-masa mendatang. Dari itu kita mesti secara bersama-sama mendorong semua aktifitas kegiatan pemberdayaan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pembangunan baik di Sumatera Barat. Segala potensi kehumasan daerah perlu kita kerahkan secara maksimal, seimbang dan selaras dengan Visi dan misi pembangunan Sumatera Barat Periode 2010-2015, baik di Provinsi maupun di Pemkab/ko se Sumatera Barat, ajaknya.

Dalam Pertemuan Bakohumas, juga dibahas tentang penyusunan struktur Pengurusan Bakohumas Provinsi Sumatera Barat Perionde 2010-2015, serta berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan guna  mendukung dan menyukseskan Program-program pembangunan daerah.  Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post