Irwan Prayitno : Sumbar Punya Panas Bumi Besar

Nn, Bukittinggi -- Program Pemanfaatan Panas Bumi sebagai Energi Hijau (Green Energy). Sebagaimana diketahui, bahwa Provinsi Sumatera Barat sebagai wilayah yang berada pada jalur vulkanik aktif (ring of fire), menyimpan potensi panas bumi (geothermal) yang sangat besar dengan total potensi 1.656 MW, tersebar di 17 titik pada 7 Kabupaten yaitu Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Solok Selatan. 

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno saat memberikan sambutan tertulis pada acara Rakor Pemprov. Sumbar dengan Bupati/Walikota se Sumatera Barat, Selasa pagi (19/7). Hadir dalam Kesempatan tersebut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Ka Bappenas Prof. DR Armida S Alisyahbana, SE,ME, Wakil Gubernur Muslim Kasim, Ketua DPRD, Bupati/Walikota, Ketua DPRD kab/ko se Sumbar, Sekdaprov Ali Asmar, Staf Ahli, Asisten, Ka SKPD dilingkunan pemprov serta Ka SKPD terkait Pemkab/ko se Sumatera Barat.

Irwan Prayitno lebih jauh menjelaskan, kita telah melakukan upaya optimal pengembangan panas bumi dengan cara promosi, pendekatan dan penjajakan kerjasama dengan investor Jerman  dan Amerika Serikat, karena biaya yang dibutuhkan sangat besar + US $ 3.000.000 per MW. Sebagai hasil kunjungan kami ke Jerman pada akhir tahun 2010 yang lalu, pihak Jerman melalui Negara Bagian Bavaria telah siap membantu melalui kerjasama pembangunan Pembangkit Listrik Panas Bumi di Provinsi Sumatera Barat. Guna kelanjutan kerjasama dan bantuan (Hibah, Loan, dsb) dari pihak Jerman untuk Sumatera Barat, dibutuhkan suatu kajian menyeluruh berupa Feasibility Study dan dukungan dari Ibu Menteri/ Kepala Bappenas. 

Mengingat kerjasama ini nantinya bersifat Government to Government (G to G) atau antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Jerman, kita berharap Bappenas dapat memberikan kesempatan kepada Provinsi Sumatera Barat dalam melakukan kerjasama dengan Pemerintah Jerman khususnya dengan Negara Bagian Bavaria. Sumatera Barat selain memiliki potensi panas bumi yang cukup besar, juga memiliki potensi air yang dapat digunakan sebagai energi primer pembangkit tenaga listrik, sehingga ke depannya diharapkan Provinsi Sumatera Barat dapat  menjadi Lumbung Energi Hijau di Indonesia, sehingga dapat meminimalisir penggunaan BBM dan batubara guna kebutuhan energi.

Jika hal ini terwujud maka tidak saja pulau Sumatera yang akan mendapat pasokan listrik nahkan sampai ke Pulau Jawa, dengan demikian kita sudah mempinyai alternative energi yang berasal dari panas bumi, karena potensi batubara semakin lama semakin menipis, ujarnya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post