Irwan Prayitno : "PNS Utamakan Layani Masyarakat"

Nn, Padang -- Kita perlu melakukan terobosan yang akurat, bagaimana mendekatkan pemerintah dengan rakyat. Karena kehadiran pemerintah untuk rakyat. Oleh karena itu dalam penyusunan anggaran, kita lebih berorientasi terhadap kepentingan rakyat, jika perlu program-program rutinitas PNS yang tidak berdampak baik, kita hilangkan untuk memperbesar porsi program kesejahteraan rakyat.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutan Upacara Priodik bulanan setiap tanggal 17 dilingkungan PNS pemprov Sumbar, pagi tadi. Hadir dalam acara tersebut Sekdaprov Drs. H. Ali Asmar, MPd. Para Asisten, Para Staf Ahli, Kepala SKPD dan PNS dilingkungan pemprov Sumbar . 

Lebih jauh Irwan Prayitno menyampaikan, kita juga melakukan efesiensi dan efektivitas anggaran guna mendorong dan meningkatkan kegiatan pelayanan PNS secara baik,  akuntabel, professional dengan manfaat berlipat ganda serta memiliki multi efek yang mendorong kesejahteraan masyarakat.

Peningkatan kinerja PNS agar berkerja dengan baik, bersungguh-sungguh dan serius dengan tetap mempertahankan sikap-sikap loyal kepada atasan, taat aturan serta membangun kerjasama yang baik dengan atasan, bawahan serta mitra kerja.  Yang jelas pemerintah tidak akan dapat berfungsi dengan baik, jika PNS tidak melakukan tugas dan fungsinya secara baik pula, ujarnya.

Dikatakan Irwan, hasil tes yang dilakukan pemerintah Sumbar yang menyatakan tidak semua PNS memiliki kompetensi dan kapabilitas yang baik. Gelar sarjana asal dapat, sehingga semua itu menjadi beban bagi pemerintah daerah dalam menjalankan visi dan misi penyelenggaraan pemerintahan.

Oleh karena setiap PNS diharapkan sadar diri untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan kapabilitasnya terus menerus secara baik sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dalam menjalan tugas sehari-hari.  Kita tidak akan mungkin menempatkan orang-orang yang tidak memiliki kompetensi dan kapabilitas yang baik pada struktur jabatan yang ada. 

Buat apa gelar yang banyak, jika semua itu hanya menjadi beban disaat orang tersebut tidak memiliki kemampuan dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara baik, professional serta sesuai dengan aturan yang berlaku ?.

Saat ini kita juga melihat dari laporan penyerapan anggaran Tahun  2011 masih belum maksimal. Serta dampak kegiatan yang dilakukan belum lagi  menyentuh peningkatan pembangunan kepentingan rakyat, oleh karena itu marilah kita, bekerja lebih serius  lagi, harapnya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post