FPBI Sumbar Dikukuhkan

Nn, Padang -- Kita mengetahui potensi terjadi bencana di Sumbar sangat tinggi, suka tidak suka kita mesti berupaya mengerahkan segala upaya penggelolaan bencana pada saat terjadi dan pasca bencana. Disamping itu penguatan-penguatan kepada masyarakat, lewat ilmu pengetahuan, sosialisasi tentang kebencanaan, sehingga bencana tidak lagi menjadi mimpi buruk dan menakutkan bagi masyarakat, melain fenomena alam yang mesti diarifi dengan bijak.

Ini disampaikan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, pada acara Pentikan dan Pengukuhan Forum Peduli Bencana Indonesia (FPBI) Provinsi Sumatera Barat pagi tadi. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BNPB Syamsul Ma’arif, Deputy Tanggap Darurat BNPB, Ir. Dody Ruswandy, Deputy Rehab-Rekon BNPB Bambang Sulistyanto, Ketua Presidium FPBI, Kadis Prasjal & Tarkim Ir. Suprapto,MSi, Kepala BPBD Ir. Hermansyah, MSc. Serta beberapa kepala SKPD dilingkungan pemprov Sumbar.

Lebih jauh Muslim Kasim menjelaskan, hari ini kita telah memperlihatkan komitmen nyata dengan pengukuhan Forum Peduli Bencana Indonesia Provinsi Sumbar. Dalam memerankan diri FPBI diharapkan ikut serta membantu pemerintah dalam penanggulangan dan mitigasi bencana.

Selain itu juga meningkatkan kepekaan kesiapsiagaan masyarakat dari upaya pengurangan resiko bencana ditengah-tengah masyarakat. Strategi penguatan relawan merupakan prioritas dalam penanggulangan bencana. Dimana relawan berfungsi dan berperan akan selalu dimulai dari analisa resiko dalam pembangunan sampai pemulihan.

Selain itu kita juga berharap pengurus melaksanakan tugas berpegang pada landasan dan ketentuan yang ada dalam menjalankan roda penanggulangan bencana yang berbasis masyarakat dengan juga mempertimbangkan norma-norma yang ada dimasyarakat.

Muslim Kasim juga mengingatkan, perlunya kearifan budaya lokal  sebagai wujud modal sosial ketahanan masyarakat. FPBI mesti pula memperlihatkan jati diri yang profesional dalam menjalankan aksinya di daerah ini.

Susunlah action plan yang benar-benar sesuai teruji nantinya dan tingkatkan jejaring kerja yang membangun. Selain itu berbuatlah yang terbaik demi tegak dan terwujudnya masyarakat peduli dan siaga bencana berbasis NKRI, harapnya.

Pengambilan tekad dan pengukuhan Pengurus FPBI Sumbar yang diketuai oleh Kadis Prasjal Tarkim Ir. Suprapto, Msi dilakukan oleh Presedium FPBI Pusat. Zardi
 

Post a Comment

Previous Post Next Post