Satu Abad Perguruan Thawalib

Nn, Padangpanjang -- Kita patut mensyukuri kehadiran perguruan Thawalib di Sumatera Barat yang telah memberi kontribusi dalam pengembangan SDM di daerah ini, dimana Ranah Minang dikenal sebagai gudang tokoh dan Ulama. Satu Abad sebuah perjalanan waktu yang cukup panjang, berdirinya perguruan Thawalib hingga saat ini merupakan sebuah makna semangat pendidik itu terus tumbuh dari generasi ke generasi. Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam peringatan HUT Satu Abad berdirinya Perguruan Thawalib Padang Panjang pagi tadi.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Menteri Kominfo Ir. Tifatul Sembiring Dt Tumangguang, Walikota Syuir Syam, Ketua DPRD, Para Muspida serta beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemko Padang Panjang. Dalam acara tersebut hampir 150 orang para alumni Perguran Thawalib ikut hadir reuni bersama, yang datang dari seluruh wilayah nusantara.

Dikatakan Irwan, Perguruan Thawalib yang berbentuk pesantren ini telah menjadi banyak contoh perkembangan pesantren di Indonesia , termasuk  Gontor di Jawa Timur, dimana pendirinya merupakan salah satu murid perguruan Thawalib. Kita juga telah membuat cabang pendidikan Gontor di Sumbar yang ditempatkan di  Sulit Air Solok.

Satu abad perguruan Thawalib, telah mendapat kebaikan-kebaikan berbagai pengakuan dan prestasi yang begitu banyak. Untuk itu mari kita secara bersama-sama tetap menjaga kemajuan pendidikan Thawalib ini sebagai bahagian perekembangan pendidikan di Sumatera Barat. Kami selaku pemerintah daerah provinsi dan pemko Padang Panjang akan selalu terbuka membantu dan mendorong kejayaan Perguruan Thawalib dimasa-masa mendatang. Ini kebanggaan kita, ini semangat pendidikan kita, dan ini asset daerah yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara di republik ini, ujarnya. Zardi




Post a Comment

Previous Post Next Post