Kunker Wagub Sumbar di Pessel

Nn, Pessel -- Wakil Gubernur Muslim Kasim melakukan kunjungan kerja melihat dari dekat potensi daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis siang. Ikut serta dalam sombongan tersebut Bupati Nasrul Abit, Kadis Prikanan Ir. Yosmeri, Kadis Prasjal Takim Ir. Suprato,Msi, Kadis Koperindag Ir. Afriandi Laudin, Kabiro Bina Sosial Abdul Gafar, SE,MM Sekda Drs. Rosman Effendi,SH,MSi, Ketua BKOW Ny. Ida Muslim.

Dalam kesempatan tersebut Muslim Kasim serukan, kita mesti fokus dalam mencapai kemaksimalan program pengembangan ikan bandeng agar dapat memenuhi permintaan 1 juta ekor perbulan dalam meningkatkan penangkapan potensi ikan tuna si Sumatera Barat. Ini peluang yang mesti dimanfaatkan masyarakat dalam memacu kesejahteraan masyarakat nelayan di pesisir pantai. Saat ini kita baru dapat memenuhi kebutuhan para pengudaha tuna tersebut baru sebesar 300.000 ekor perbulan. Sementara kendala lain pengembangan ikan bandeng tidak maksimal dari dari 80.000 pertambak yang masukan yang panen hanya 30.000 ekor.

Kondisi ini disebabkan kendala bibit yang didatangan dari Situbondo  Jatim, yang mengalami perjalanan yang cukup jauh, sehingga banyak yang mati dalam perjalanan. Jika dibawa ukuran yang agak lebih besar selain memakan biaya yang besar dan jumlah semakin sedikit yang terbawa serta juga tetap kendala jarak tempuh. Kondisi lain tambak-tambak bandeng kita masih memiliki tingkat keasaman air yang tinggi butuh pensuaian bagi ikan-ikan tersebut.

Saat ini pengembangan ikan bandeng baru mendapat hasil yang belum memuaskan, dari modal Rp. 7-8 juta pertambak , hasil penjualan baru mencapai sekitar Rp. 12 juta, sementara resiko pengembangan itu sendiri masih besar.

Melihat kondisi ini kita telah perintahkan Kadis Perikanan untuk menfokuskan program pengembangan ikan bandeng ini secara baik, segera naikan program ini dalam perubahan anggaran APBD Sumbar dan sharing dengan kabupaten. kota terkait. Persoalan ini tidak baik dibiarkan berlama-lama - kita harus bantu dengan program pengembangan pembibitan sendiri dan pendidikan teknis pengembangan ikan bandeng secara baik kepada masyarakat. ungkapnya

Muslim Kasim juga menyampaikan, jika jumlah ikan bandeng masig kecil tentu jumlah tanggapan ikan tuna kecil pula. Mana ada cargo yang sangup datang jika jumlah produksi ikan tuna masih relatif kecil untuk kegiatan ekspor dari Sumbar. Oleh karena itu kita perlu menyikapi semua ini secara lebih cepat untuk kesejateraan masyarakat yang sama sama kita inginkan bersama.

Bupati Nasril Abit dalam kesempatan tersebut, amat mendukung program seperti di sampaikan pak Wagub tersebut. Kita di pemkab Pessel akan menindaklanjuti secara baik, sharing dana ini tentu akan membantu meningkatkan produksi ikan bandeng dan mendukung produksi tuna lebih baik lagi di Pessel ini. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post