Ali Mukhni : "Kegiatan Prabencana Banyak Dilupakan"

Nusantaranews, Padangpariaman -- Selama ini, kegiatan prabencana yang mencakup kegiatan pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan serta peringatan dini banyak dilupakan. Padahal kegiatan prabencana sangat penting, karena apa yang disiapkan merupakanmodal dalam menghadapi bencana, kata Bupati Padangpariaman Drs. Ali Mukhni dipariaman siang tadi. 

Sebenarnya penanggulangan bencana bukan hanya berbentuk respons tanggap darurat, tetapi harus ada upaya pra dan pasca bencana. Dimana manajemen bencana dimulai dari perencanaan pembangunan yang bersandar pada analisis penanganan resiko, perencanaan yang komprehensif bersifat regional dan detail.

Perencanaan regional mencakup pemetaan potensi bencana diwilayah masing masing contoh, mitigasi daerah rawan gempa,membutuhkan perencanaan detail terkait desain standar bangunan.  Oleh karena itu, Pemkab Padangpariaman sangat mengapresiasi apa yang dilakukan pihak Pemprov Sumbar dengan kegiatan kegiatan workshop penguatan semacam ini, kata Ali Mukhni.

Pada kesempatan itu, Kabag Pemerintahan Nagari Biro Pemerintahan dan Kependudukan Provinsi Sumatera Barat Muhammad Yani mengajak, agar kegiata ini ada tindak lanjutnya pada setiap nagari dan Korong, yaitu dengan membuat peta bencana. Karena kita sadar, hidup didaerah rawan bencana, diperlukan kesiapan dari jorong dan penguatan nagari, pintanya. Junaidi

Post a Comment

Previous Post Next Post