Target DKP "Pariaman Penghasil Induk Lele & Nila Terbaik"

Nusantaranews, Pariaman -- Maraknya isu gempa yang melanda Pariaman yang didukung cuaca buruk, mengakibatkan sejumlah nelayan dipesisir pantai enggan melaut. “bukan tidak mau kelaut, tetapi para nelayan telah arif dan mau diberi arahan, kalau cuaca buruk lebih baik jangan kelaut dulu,“ kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman Ir Yanrileza diruang kerjanya.

Beberapa waktu lalu ia telah menegaskan kepada nelayan, bahwa bencana gempa atau apapun namanya, itu semua kekuasaan Allah, akan tetapi sebagai manusia kita perlu berusaha dan waspada. Artinya, jadikan bencana itu sebagai semangat untuk lebih mendekatkan diri pada Allah.

Diakui Yanrileza, alat tangkap ikan nelayan Pariaman, masih mempergunakan peralatan tradisional. Contoh, biduk-biduk kapal mereka masih mempergunakan mesin Rotel Robin. Selain itu, sumberdaya manusia, keterampilan dan pengetahuan akan tangkap ikan perlu ditata, agar hasil yang didapat dan kualitas ikan menjadi lebih baik.

Sebagai alternatif apabila kondisi cuaca ekstrim, pada 2011 Yanrileza telah memprogramkan mata pencarian pemeliharaan ikan lele yang bisa dikelola oleh istri dan anak-anak nelayan. Dengan target Pariaman penghasil induk Lele dan Nila terbaik, minimal tingkat Sumatera Barat. Junaidi/Aan

Post a Comment

Previous Post Next Post