Pekan Muharam Wujudkan Padang Yang Religius

Nusantaranews, Padang -- Pagi tadi, Wakil Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah,SP secara resmi membuka Pekan  Muharam 1432  H di Pelataran Parkir  Lapangan Imam Bonjol Padang  Rabu (1/12 ).

Pekan Muharam itu berlangsung dari tanggal 1- 6 Desember 2010 mendatang dengan  menggelar berbagai macam lomba yakni  lomba Qasida rebana, Bazar Muharam, Lomba Asmaul  Husnah antar Majelis Ta’lim, lomba Juz Amma antar TPA, TPSA/MDA, khusus pada acara puncak tanggal 6 Desember 2010  dilaksanakan Tabligh Akbar dengan menampilan 20 ribu  Pembaca Juz’amma, pemukulan Bedug dan azan  bersama.

Dalam sambutannya Mahyeldi  menjelaskan, dengan hijrah Nabi Muhammad S.A.W dari Mekah ke Medinah telah membawa  perubahan besar terhadap peradaban umat manusia, perubuhan dari zaman jahiliyah  menuju peradaban Madaniah  dibawah naungan cahaya Ilahi. Pada tataran individual, Rasulullah menegakan akidah nafsiah  yaitu menegakan akidah dalam setiap insan. Hal inilah yang dilakukan pemerintah Kota Padang dalam beberapa tahun terakhir ini. Berbagai program dan kegiatan yang ditujukan sebagai proses pembinaan mental dan spiritual  masyarakat semakin ditingkatkan.

Adapun Program yang telah dilaksanakan yaitu Pesantren Ramadhan, wirid remaja, didikan subuh rutin dilaksanakan pada Masjid/Mushalla di Kota padang. Alunan dziki, juz amma dan asmaul Husna terus bergema dibebagai  penjuru kota Padang. Semua itu kita lakukan dalam syi’ar islam agar Padang sebagai kota Religius benar benar kita rasakan denyutnya dalam kehidupan sehari hari.

Oleh sebab itu, marilah kita jadikan pergantian tahun baru Hijriah  kali ini sebagai momentum untuk senantiasa  mendalami dan meneladani nilai-nilai perjuangan Nabi Muhammad S.A.W  dalam membangun sebuah Negara yang berkeadilan  dan beradab yang menjamin kemerdekaan  beragama dan beribadah  serta menjamin  keamanan  dan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Pada kesempatan itu ketua panitia pelaksana Pekan Muharam tingkat Kota Padang  Didi Aryadi  menambahkan thema yang diangkat pada Pekan Muharram 1432 H kali adalah “ melalui momentum peringatan tahun baru Islam 1431 H, kita tingkatkan semangat membangun Padang sebagai  Kota religius “  dengan tujuan menyemarakkan tahun baru Islam 1432 H, mensyi’arkan agama islam dan memupuk silaturrahmi antara sesama warga kota Padang. 

Acara pembukaan Pekan Muharram tingkat Kota Padang juga ditandai dengan peresmian Bazar UKM oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang Dra. Hj. Mutiawati Fauzi bahar didampingi pengurus organisasi wanita lainnya. rel/andre

Post a Comment

Previous Post Next Post