Kenaikan TDL, Kebijakan Pemerintah “Bukan PLN”

Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), adalah kebijakan pemerintah pusat dan telah disetujui DPR-RI, bukan suatu kebijakan PLN. Kenaikan TDL akan dikenakan kepada pengguna daya 1300 Kwh, bagi pelanggan yang memiliki daya 450 dan 900 Kwh tidak dikenakan kenaikan biaya TDL. “Kebanyakan yang memakai daya 450 dan 900 kwh adalah kalangan menengah kebawah, maka dari itu pemerintah menetapkan tidak ikut menaikan TDL bagi pelanggan yang memiliki daya tersebut”. beber Armand General Manager PLN rayon Indarung Padang, ketika ditemui Selasa (27/7) diruang kerjanya.

Dengan naiknya TDL biaya beban yang selama ini ditanggungkan pada pengguna listrik sekarang dihapuskan, sehingga kenaikan harga TDL tidak berdampak signifikan terhadap pelanggan, biaya kenaikan sebesar 790 rupiah bagi pelanggan yang memiliki daya 1300 Kwh saja, sedangkan rata-rata pelanggan di kota Padang banyak menggunakan daya 900 Kwh, maka dari itu masyarakat menengah kebawah tidak terkena imbas dari kenaikan TDL, ujar Armand menambahkan.

Armand juga menghimbau masyarakat agar bisa menghemat penggunaan listrik. Dengan menggunakan listrik secara tepat dan benar pengeluaran untuk kebutuhan rumah tanggapun akan semakin berkurang, himbaunya.

Masih banyaknya temuan PLN tentang fenomena pencuri aliran listrik, PLN akan segera mengambil tindakan tegas. Pencuri akan dituntut secara perdata dengan dibebani biaya susulan, yaitu dengan cara PLN akan menagih kembali berapa Kwh yang telah dicurinya, secara pidana PLN akan menyerahkan pelaku pencurian aliran listrik kepada aparat hukum. Karena efek yang akan ditimbulkan dari pencurian aliran listrik berdampak bagi pengguna lain, secara otomatis akan menurunkan aliran listrik dikawasan tersebut, akibat lainnya akan menimbulkan kebakaran akibat arus pendek.

PLN tidak henti-hentinya memberikan himbauan pada masyarakat untuk terus berhemat dalam pemakaian arus, bagi pelanggan yang merasa kurang puas dan ingin melakukan pengaduan silahkan datangi PLN terdekat, PLN siap melayani pelanggan dengan pelayanan yang maksimal, pungkas Arman. daniel/mon

Post a Comment

Previous Post Next Post