Gresik,- Kodim 0817/Gresik kembali menjadi sasaran latihan Posko I. Pelaksanaan latihan tersebut pun, dibukan langsung oleh Kepala Staf Korem 084/Bhaskara Jaya, Letkol Arm Aprianko Suseno. Rabu, 18 Juni 2019.
            Dikatakan Kasrem, pelaksanaan latihan tersebut rencananya bakal berlangsung selama tiga hari. “Rencananya mulai tanggal 19-21 Juni,” katanya.
            Beberapa materi pelatihan pun mulai dipersiapkan, terlebih materi tentang pelaksanaan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).
            “Itu nanti ditujukan untuk membantu Pemerintah Daerah ketika melakukan penanggulangan bencana,” paparnya.
            TNI-AD, kata Kasrem, memiliki peran penting dalam melakukan penanggulangan bencana. Hal itu, dituangkan di dalam Undang-Undang RI nomor 24 tahun 2007 pasal 6 tentang tanggung jawab Pemerintah dalam mengatasi bencana. “Termasuk pengurangan resiko bencana hingga pemulihan kondisi bencana. TNI-AD memiliki peran yang sangat penting dalam upaya itu,” jelasnya.
            Selama pelaksanaan latihan tersebut, para prajurit Kodim 0817/Gresik akan dihadapkan dengan situasi dan kondisi yang lebih realistis. Artinya, para peserta latihan bakal dihadapkan dengan simulasi bencana alam yang nantinya akan disiapkan oleh para panitia latihan.
            “Saya berharap jika latihan ini dapat berjalan dengan lancar hingga penutupan nanti,” pintanya.
            Latihan posko yang bertemakan Kodim 0817/Gresik Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemda/Polri di wilayahnya dalam rangka Operasi Militer Selain Perang tersebut, tak hanya melibatkan para personel Kodim saja. Namun, pihak BPBD, Dinas Sosial, hingga PMI pun ikut diterjunkan dalam pelaksanaan latihan tersebut.
 
Top