N3 Payakumbuh - Dinas Sosial kota Payakumbuh menggelar sosialisasi terhadap peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Aula SMK 2 Payakumbuh, Rabu (7/2) kemarin. Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan kepada calon penerima PKH tentang seluk beluk PKH. 

Disampaikan kepala Dinas Sosial Idris dalam sambutannya, PKH merupakan program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Saat ini di kota Payakumbuh ada 4000 ribu orang lebih, total penerima PKH di kota Payakumbuh.

Kriterianya antara lain keluarga yang memiliki ibu hamil/nifas/anak balita, memiliki anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan dasar (anak pra sekolah), anak usia SD/MI/Paket A/SDLB (usia 7-12 tahun), anak  SLTP/MTs/Paket B/SMLB (Usia 12-15), anak 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar termasuk anak dengan disabilitas.

“Seluruh keluarga di dalam suatu rumah tangga berhak menerima bantuan tunai apabila memenuhi kriteria kepesertaan program dan memenuhi kewajibannya. Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan,” simpul Idris.

Ditambahkannya, semoga PKH ini dapat menjembatani hubungan antara pemerintah pusat dengan daerah untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya keluarga yang sangat miskin di kota Payakumbuh dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta bisa memberikan kontribusi dalam penurunan angka kemiskinan hingga 5-6 % kedepannya. (Rahmat Sitepu)
 
Top