N3~Ada saja alasan anak untuk tidak mau belajar. Misalnya saja tugas dari sekolah dan mau menghadapi ujian, nak pasti mengalami stress yang berlebihan.
Nah www.nusantara coba membagi tips jitu untuk membantu anak anda giat belajar. Intip yuks tipsnya.

1. Perhatian di kelas

Dengan memperhatikan pelajaran yang diberikan sang guru saat di kelas, meringankan beban si anak mengerjakan tugasnya di rumah. Jika anak anda adalah tipikal yang suka melamun, pindahkan tempat duduknya ke depan atau di dekat meja guru. Bisa juga meminta si guru untuk memberikan perhatian lebih kepada si anak saat belajar berlangsung.

2. Perencanaan

Sebuah rencana memudahkan kita untuk mencapai target. Begitu juga dengan pola belajar si anak, kita bisa buatkan mereka susunan rencana awal untuk waktu belajar mereka nanti (Daily Schedule). Dengan menggunakan ini, si anak bisa membuat jadwal. Jadi pada saat ujian, mereka tidak perlu belajar dengan sistem kebut semalam.

3. Membuat catatan

Mencatat itu penting saat sedang belajar. Terkadang kita sering melebih-lebihkan kemampuan kita dalam menyimpan informasi. Bahkan jika anak anda merasa dirinya bisa mengingat informasi di kelas, pastikan dia mencatatnya di buku tulis khusus catatan sekolah. Jangan biarkan dia hanya sekedar mengingatnya karena memungkinkan si anak akan lupa.

4. Seimbangkan main dan belajar

Sementara belajar adalah penting, kita harus ingat si anak juga butuh waktu untuk bermain. Mereka semua adalah manusia, bukan robot. Sebagai orang tua, kita harus tahu kapan main dan belajar. Jika si anak sudah selesai belajar, kita bisa memberinya setidaknya 1 jam untuk waktu luang. Entah itu bermain, atau menonton tv. Agar si anak mau kembali belajar lagi, buatkan mereka rencana yang menarik supaya mereka tidak berhenti belajar setelah bermain dan lupa tanggung jawab.

5. Kendalikan media sosial

Salah satu hambatan terbesar untuk anak-anak saat sedang belajar dan sangat mengganggu adalah dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Apapun alasannya, anda berhak mengontrol media sosial mereka. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menonaktifkan akun mereka selama belajar. Jika mereka masih suka memainkan ponsel, coba ganti wallpaper yang berisikan memo “Kamu Harus Belajar Sekarang!”, jadi setiap mereka tergoda untuk memainkan handpone, wallpaper akan berfungsu sebagai pengingat bahwa belajar adalah prioritas mereka. (Amooree)
 
Top