KEMAKSIATAN HARUS DIHENTIKAN, TAK HANYA SAAT RAMADHAN


Oleh: Ika Wulandriati, S.Tp


Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengeluarkan aturan mengenai operasional tempat hiburan malam di Ibu Kota selama Ramadhan 1445 Hijriah. Kadisparekraf DKI Jakarta Andhika Permata menjelaskan, aturan itu berupa pembatasan jam operasional untuk tempat hiburan malam di Ibu Kota.

"Aturan (pembatasan jam operasional) untuk menghormati pelaksanaan ramadhan dan hari raya Idul Fitri 2024". Ujar Andhika dalam keterangannya, Selasa kompascom(12/03/2024).


Bulan ramadhan adalah bulan dimana umat Islam berlomba - lomba untuk memperbanyak amal ibadah dan menjauhi kemaksiatan. Tidak hanya secara individu, masyarakat hingga negara. Masjid, musholla bertambah jama'ahnya, ceramah agama banyak juga diadakan, baik itu di kanal-kanal media sosial, sampai juga dengan penutupan tempat bermaksiat. Namun sayangnya hal ini terjadi saat ketika saat Ramadhan saja. Ketika ramadhan berakhir semua kembali seperti sedia kala, tempat - tempat maksiat kembali dibuka masyarakat pun kembali pada kebiasaan di luar Ramadhan.


Inilah kondisi muslim ketika hidup di sistem kapitalis sekuler yang memisahkan aturan agama dengan kehidupan (agama dipisahkan  dari pengaturan masyarakat dan negara). Dan hasilnya, seorang muslim yang seharusnya taat pada perintah Allah hanya bisa taat di saat tertentu saja, seorang muslim yang seharusnya menjauhi seluruh larangan Allah SWT justru melakukan kemaksiatan dan dilakukan bersama - sama, ketika Allah SWT mengharamkan riba, khamr, zina dalam sistem ini justru memfasilitasi untuk melakukannya, hanya untuk kepentingan materi semata kemaksiatan itu di buka kembali.


Islam adalah agama yang sempurna dan paripurna, aturannya lengkap untuk manusia. Tidak hanya mengatur masalah ibadah ritual (sholat, puasa, zakat, haji, dzikir) namun Islam juga mengatur tentang jual beli (muamalah), sanksi (uqubat), sampai dengan mengatur tentang pemerintahan.

Islam juga melarang kemaksiatan yang dapat mendholimi diri sendiri maupun orang lain.

Allah SWT menurunkan Islam juga untuk menjadikan Rahmat bagi seluruh alam yaitu dengan menerapkan syariat-Nya pada seluruh aspek kehidupan. Hal ini hanya bisa di capai ketika Islam dijadikan sebagai aturan kehidupan yang diterapkan oleh instansi negara secara KAFFAH. Dengan diterapkannya sistem Islam, maka akan mampu memunculkan penguasa yang taat dan akan berupaya untuk menghentikan kemaksiatan.

Wallahu'alam bishshowab.

Post a Comment

Previous Post Next Post