Aksi Kreatif Mahasiswa KKN UPGRIS: Membawa Kegembiraan Melalui Permainan Outbound di SD Negeri Semampir

.


Pati, nusantaranews.net - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang Kelompok 6 melakukan aksi kreatif  melalui permainan outbound yang membawa kegembiraan untuk siswa-siswi di SD Negeri Semampir yang beralamatkan desa Semampir, RT 04, RW 02, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Permainan outbound ini dilaksanakan dari pukul 07.00 WIB – selesai pada Sabtu, 24 Februari 2024. Permainan tersebut diikuti oleh siswa kelas IV yang beranggotakan 12 siswa dengan tujuan dapat melatih keseimbangan, kekompakan, dan kesabaran, melatih kepercayaan antaranggota tim dan melatih keterampilan dalam berkomunikasi serta kerja sama di antara anggota tim. 

Permainan ini merupakan salah satu program kerja kelompok 6 KKN UPGRIS yang dilaksanakan selama satu bulan di Desa Semampir. Permainan outbound ini meliputi permainan membawa bola dalam gelas dengan tali, menuntun si buta mencari bola, dan pemainan balon ular.

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 6 yang beranggotakan Erwin Indra Nugraha, Mahendra Gesid Pratama, Bima Andi Pratama, Laksono Adi Wibowo, Siti Aisyah, Emilda Ifa Umama, Rysma Cantika Candra, Silviana, Zahrotul Mawaddah, Merlly Alfina Septiana, Diva Meyrinda, Ahmad Nurkholis Majid, dan Yuyuk Yusantika.

Di sisi lain, siswa kelas IV menyambut kedatangan mahasiswa KKN UPGRIS dengan sambutan hangat, senyuman, dan antusiasme yang membara. Mereka juga terlihat sangat semangat dalam mengikuti permainan yang diadakan oleh mahasiswa KKN UPGRIS. Dalam permainan ini, siswa kelas IV dibagi menjadi 3 kelompok yang berisi 4 anggota. Mereka diajak untuk bekerja sama dalam tim guna menyelesaikan berbagai tantangan fisik maupun mental. 

Setelah permainan selesai, dilanjutkan dengan pengumunan juara dan pemberian hadiah untuk pemenang lomba yang diiringi dengan sorak-sorai kegembiraan dan tepukan tangan yang meriah. Pemberian hadiah tersebut menjadi momen yang berkesan karena diisi dengan gelak tawa dan kenangan yang mungkin akan mereka ingat sewaktu-waktu.

Permainan outbound ini tidak hanya memberikan kegembiraan, namun diharapkan dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik, membantu melatih kemampuan konsentrasi dan ketelitiaan, membantu meningkatkan keterampilan sosial seperti kerja sama dan komunikasi, membantu meningkatkan kesadaran tubuh dan keseimbangan, serta meningkatkan kesadaran tubuh dengan lingkungan sekitar. 


Post a Comment

Previous Post Next Post