Sistem Kapitalisme, Akar Masalah Gunung Sampah


 

Di hadapan puluhan Muslimah Kota Depok, Aktivis Muslimah Ustadzah Nurina P Sari menegaskan akar masalah sampah menggunung akibat penerapan sistem kapitalisme.


“Akar masalah gunung sampah karena kapitalisme dengan gaya hidup yang kapitalistik, gaya hidup komsumtif dan dikendalikan oleh perusahaan pemilik modal dan oligarki,” ungkapnya dalam Kajian Muslimah (Kamus) Shalihah: Gunung Sampah Bikin Gundah, Islam Punya Solusi Wah, Sabtu (30/12/2023) di Cipayung, Depok.


“Peran negara masih minim, pasalnya solusi untuk masalah sampah ini diserahkan kepada individu dan masyarakat saja,” lanjutnya.


Solusi Sampah

Menurutnya, masalah sampah ini dapat diatasi dengan perubahan yang hakiki yakni: “Adanya kesadaran invividu karena ketakwaan, ditambah kontrol masyarakat, dan penerapan aturan Islam yang kaffah oleh negara (khilafah),” tututnya.


Ia pun mengatakan, hanya Islam yang memiliki solusi dan regulasi yang benar dalam pengelolaan sampah.


Nurina lalu menyebut tiga hal terkait itu. Pertama, khilafah (negara yang menerapkan syariat Islam secara kaffah) bertanggung jawab penuh mendanai riset untuk pengolahan sampah dan limbah termasuk mendanai pengolahan sampah.


Kedua, khilafah menerapkan larangan untuk berlaku tabdzir (membelanjakan harta kepada hal yang tidak perlu/tidak sesuai dengan hak (peruntukan  harta tersebut).


Ketiga, menerapkan sanksi tegas bagi yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh khilafah.


Dalam acara tersebut hadir pula Ustadzah Turisah, Mubalighah, yang memaparkan fakta-fakta terkait permasalahan sampah yang ada di Depok.[] Siti Aisyah

Post a Comment

Previous Post Next Post