Hadapi Musim Penghujan, Pembersihan Irigasi Terus Dilakukan

.

Pati, nusantaranews.net - Pembersihan alur sungai ataupun saluran irigasi banyak dilakulan dalam menghadapi musim penghujan diwilayah Pati. Hal ini menjadi kebiasaan warga yang wilayahnya sering terdampak banjir ketika musim penghujan tiba. Rabu (10/1/2024).

Demikian pula yang dilakukan oleh warga Desa Geritan, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Bersama Babinsa, Babinkamtibmas,  Kades Geritan serta masyarakat kali ini melaksanakan pembersihan aliran irigasi pinggir persawahan yang berada di wilayah RT  2/1 yang dilaksanakan bersama kelompok tani Ngudi Mulyo.

Dalam monitoring kegiatan ini Kades Geritan Agus Suntoro mengatakan aliran irigasi dipinggir persawahan ini sudah menyempit dikarenakan lama tidak terawat. 

" Karena irigasi ini berada diperbatasan persawahan dan lahan kosong sehingga tidak terawat dan terkesan saluran ini hilang karena ditumbuhi rumput dan semak," ungkap Kades.


Sedangkan Babinsa Geritan Pelda Suwono yang juga anggota Koramil 0718-01/Pati yang monitoring bersama Bhabinkamtibmas Aipda Kartono mengungkapkan kegiatan ini bekerjasama dengan kelompok tani Ngudi Mulyo yang dipimpin oleh bapak Nyaman.

" Pembersihan irigasi sepanjang 150m dilaksanakan secara gotong royong oleh kelompok tani Ngudi Mulyo bersama masyarakat agar nantinya ketika hujan turun air dapat mengalir dengan lancar sehingga tidak mengganggu aktifitas warga," ungkap Suwono.


Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga sekitar juga turut berperan dalam pembersihan lingkungan masing-masing sehingga ketika hujan tiba air dapat lancar mengalir. Selain itu Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit terutama demam berdarah yang sering diderita warga saat musim penghujan. (m@s)


Post a Comment

Previous Post Next Post