DPMPTSP Menjadi Peserta Terbaik Pelatihan Penyusunan Rencana Pengembangan SDM ASN di Lingkungan Pemko Padang


DPMPTSP menjadi peserta terbaik pada Pelatihan Penyusunan Rencana Pengembangan SDM ASN di Lingkungan Pemko Padang, Sabtu (22/7/2023).

Sebelumnya, Wali Kota Padang Hendri Septa, Rabu (19/7/2023) malam, membuka secara resmi Pelatihan Penyusunan Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang yang dilangsungkan selama 19-22 Juli 2023 di Hotel Grand royal Denai Bukittinggi.

Kegiatan yang digelar oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang itu, diikuti sebanyak 93 orang yang terdiri dari para Kepala Sub Bagian Umum (Kasubbag) dan Pengelola Kepegawaian di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Padang.

"Atas nama pribadi dan Pemko Padang saya sangat menyambut baik pelatihan penyusunan rencana pengembangan SDM ASN ini. Sebagaimana kegiatan ini diharapkan sebagai langkah pendampingan untuk perencanaan kebutuhan pengembangan kompetensi yang didapat dari hasil analisis gap kompetensi dan kinerja. Begitu pula sebagai penguatan kompetensi dan pengembangan berkelanjutan pegawai sehingga dapat memberikan dampak pada perbaikan kinerja, memahami tugas, fungsi dan pengembangan kompetensi dari ASN lingkup OPD," ujar Wali Kota.

Lebih lanjut Wako Hendri Septa menilai kegiatan ini juga sebagai salah satu langkah penyesuaian dalam proses pengembangan kompetensi ASN. Diantaranya adalah pengembangan kompetensi yang belum mengacu dan berkorelasi dengan perencanaan pembangunan daerah serta pengembangan kompetensi yang masih dilakukan secara terpisah dengan kebijakan pola karir ASN.

"Kegiatan ini sebagai wujud komitmen dari kita Pemko Padang untuk memastikan pengembangan kompetensi yang didapatkan oleh seluruh pegawai sesuai dengan hasil analisis yang tertuang dalam dokumen kebutuhan dan rencana pengembangan kompetensi."

"Oleh karena itu seluruh pihak dalam instansi pemerintahan harus ikut memberikan dukungan dan kontribusi terhadap penyusunan dokumen kebutuhan dimaksud. Tujuannya agar pelaksanaan pengembangan kompetensi yang merata dan berkesinambungan dapat meningkatkan kinerja pegawai serta organisasi, sehingga kualitas pelayanan publik semakin prima," sambung Wako menekankan.

Lebih jauh Wali Kota Padang menaruh harapan besar kepada narasumber dari Pusbindiklatren (Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana) Kementerian PPN/Bappenas untuk memberikan pencerahan dan membangun pemahaman yang lebih utuh melalui materi secara detail. Sehingga akan terwujudnya kesamaan langkah-langkah konkrit bagi peserta pelatihan dalam menyusun rencana pengembangan SDM ASN di Lingkungan Pemko Padang.

"Untuk itu kepada para peserta pelatihan agar fokus dan mengikuti kegiatan ini sampai selesai dengan sebaik-baiknya dan menindaklanjutinya sesuai arahan yang diberikan. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses serta memberi manfaat pada kita semua," tukas Wako Hendri Septa mengakhiri.

Pada saat yang sama Inspektur Kota Padang Arfian yang juga Plt Kepala BKPSDM menerangkan, maksud kegiatan

Pelatihan Penyusunan Rencana Pengembangan SDM ASN di lingkungan Pemko Padang kali ini untuk mewujudkan pengembangan kompetensi ASN yang tepat sasaran. 

Dimana rangkaian tahapan yang harus ditempuh yakni penyusunan kebutuhan dan rencana pengembangan kompetensi, pelaksanaan pengembangan kompetensi dan evaluasi pengembangan kompetensi.

"Tujuannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan komitmen setiap OPD dalam penyusunan kebutuhan dan rencana pengembangan kompetensi sebagai pedoman pelaksanaan pengembangan kompetensi. Sehingga dengan itu adanya jaminan dan ruang untuk pengembangan kompetensi berkelanjutan sebagai kontribusi positif bagi organisasi," terangnya.

Terlebih kata Arfian, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan pimpinan kepada perangkat daerah untuk melakukan penyesuaian terhadap penyusunan rencana pengembangan SDM agar mengacu dan berkorelasi dengan perencanaan pembangunan daerah.

"Untuk narasumber yaitu Kepala Pusbindiklatren Kementerian PPN/Bappenas Wignyo Adiyoso, Ph.D., beserta Tim Kerja," sambungnya.


Post a Comment

Previous Post Next Post