Stunting Harus Segera Diatasi Agar Mencetak generasi Cemerlang

Oleh : Neni (Muslimah Peduli Umat)

Dilansir dari balebandung.comPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan gencar melakukan upaya penanganan sekaligus pencegahan stunting dengan sasaran anak yang diindikasikan berisiko stunting.
Op
Penanganan dan pencegahan stunting itu melalui upaya pemberian protein berupa telur dan ayam. Sasaran keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima hari ini adalah di Kecamatan Pameungpeuk dan Pangalengan Kabupaten Bandung.

Pemberian makanan tambahan itu sudah disalurkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung Ina Dewi Kania, di dua kecamatan tersebut, Kamis (4/5/2023).

Stunting adalah kondisi perkembangan fisik yang timpang pada balita yang diakibatkan oleh kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan sampai usia anak dua tahun.

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh melakukan kajian tentang Pencegahan stunting dalam perspektif hukum Islam (Nopember 2019)

Akibat dari stunting itu membuat generasi kita ke depan tidak kuat, tidak sehat baik fisik maupun rohaninya.

Banyak hal yang mendukung terjadinya stunting seperti pola gizi yang tidak tepat awal kehamilan, kemudian pemberian ASI eksklusif yang tidak dilakukan, pola makanan yang tidak baik dan rumah tangga yang tidak nyaman, juga adanya perkawinan yang hubungannya terlalu dekat persaudaraan.

Maka untuk menghindari terjadinya stunting,
Pertama pemerintah melakukan upaya-upaya yang maksimal dalam pencegahan stunting. Kedua pemerintah menjaga dan memelihara distribusi makanan, obat - obatan dan kosmetik yang halal serta lingkungan yang sehat. Ketiga, orang tua mengoptimalkan pemberian ASI Eksklusif kepada bayi selama dua tahun.

Akan tetapi selama sistem kapitalisme yang dipakai maka dapat dipastikan masalah stunting ini sulit untuk dihilangkan karena masalah stunting ini selain perlu perhatian serius dari penguasa juga diperlukan ketaqwaan semua rakyatnya sehingga timbul kesadaran dari rakyatnya untuk selalu menerapkan hidup sehat. Ketaqwaan ini akan timbul dan terjaga jika penguasa penerapkan hukum Islam secara Kaffah.

Hanya dalan naungan Islam yaitu Khilafah, masalah stunting ini dapat diatasi karena penguasa sebagai pelayan umat /rakyat akan selalu berusaha untuk membuat umatnya, aman dan sejahtera sehat fisik dan rohani, sehingga mencetak generasi umat yang cemerlang dan bertaqwa.

Wallahu'alam bishawab

Post a Comment

Previous Post Next Post